Bagikan:

YOGYAKARTA - Generasi Alpha menjadi generasi pertama yang lahir sepenuhnya di abad 21, dan hadir dengan karakteristik unik yang berbeda dari generasi sebelumnya. Lahir di era teknologi, lantas, bagaimana seharusnya pola asuh yang cocok untuk generasi alfa?

Tidak banyak orang tua yang siap terhadap fakta jika anak-anak generasi ini membutuhkan pendekatan yang lebih modern. Pola asuh seperti apa yang paling efektif untuk memaksimalkan potensi generasi alfa?

Apa Itu Generasi Alfa?

Generasi Alpha adalah anak-anak yang lahir antara tahun 2010 dan 2025. Mereka adalah generasi terbaru yang mengikuti Generasi Z dan tumbuh di dunia dengan internet.

Ciri dari generasi Alpha adalah sangat terhubung dengan gadget seperti smartphone, tablet, dan laptop yang semuanya memainkan peran penting dalam kehidupan mereka.

Konektivitas internet ini menjadikan Generasi Alpha sebagai salah satu generasi yang paling beragam hingga saat ini, karena terpapar pada berbagai budaya dan perspektif sejak usia muda.

Generasi alfa sendiri tumbuh di dunia di mana masalah lingkungan adalah perhatian utama, dan mereka lebih sadar akan dampak tindakan manusia terhadap planet ini.

Pola Asuh yang Cocok untuk Generasi Alfa

Tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua dalam membesarkan anak, tetapi ada beberapa strategi umum yang dapat efektif untuk membesarkan anak-anak Generasi Alpha. Dilansir dari laman D-PREP International School, berikut beberapa di antaranya:

  • Dorong komunikasi terbuka

Dorong anak-anak Anda untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka secara terbuka, dengan cara mendengarkan mereka secara aktif. Hal ini akan membantu mereka merasa didengar dan dipahami serta membangun kepercayaan untuk saling menghormati.

Selain itu, hal-hal kecil seperti bertanya kepada anak Anda seperti bagaimana perasaannya dan bereaksi dengan tenang sangat berkontribusi pada kesehatan mental, akan menjadi lebih baik ketika dicoba.

Sebagai orang tua, biarkan anak Anda merasa bahwa tidak apa-apa untuk berbagi perasaannya, dan tanamkan sikap bahwa mereka tidak akan dihukum karena bersikap jujur ​​kepada Anda.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Dampak Overprotektif Pada Anak dan Solusinya

  • Kemandirian dan ketergantungan diri

Ajarkan anak-anak Anda keterampilan yang mereka butuhkan untuk menjadi mandiri dan percaya diri. Dorong mereka untuk mengambil tanggung jawab dan membuat keputusan sendiri.

Cara lain untuk menumbuhkan kemandirian adalah dengan memberi anak-anak Anda kebebasan untuk mengeksplorasi dan membuat pilihan mereka sendiri dalam lingkungan yang terstruktur. Hal ini akan membantu mereka mengembangkan kemandirian dan tanggung jawab.

  • Tekankan pendidikan teknologi

Karena teknologi memainkan peran besar dalam kehidupan Gen Alpha, penting untuk parenting tentang penggunaan teknologi dan media yang aman dan tepat.

Ajarkan mereka untuk waspada terhadap berita palsu. Jelaskan cara mengenali dan menghindari membagikannya untuk mencegah mereka menyesatkan orang lain secara online.

Ingatlah untuk menjelaskan dan memberikan konteks kepada anak-anak tentang mengapa beberapa situs web berbahaya bagi mereka.

Ciri generasi alfa adalah dekat dengan gadget (freepik)
  • Berikan kesempatan untuk kesadaran budaya dan pengalaman sosial

Dorong anak-anak Anda untuk mempelajari tentang budaya, perspektif, dan isu sosial yang berbeda.

Cara ini akan membantu mereka menjadi individu yang lebih empati dan pengertian. Anda juga dapat melakukannya dengan menjadi panutan positif untuk bertindak dengan kebaikan dan empati. Bagaimanapun, anak-anak belajar dari contoh.

Selain pola asuh yang cocok untuk generasi alfa, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!