Bagikan:

YOGYAKARTA - Selaku owner anjing, penting untuk kita buat memberikan makanan yang sehat serta bergizi untuk hewan peliharaan kita. Tidak hanya makanan anjing komersial, banyak pemilik yang mau menambahkan buah-buahan dalam pola makan anjing mereka. Tetapi, tidak semua buah aman buat dikonsumsi oleh anjing. Artikel ini bakal mangulas buah untuk anjing peliharaan yang aman serta manfaat kesehatannya, dan buah-buahan yang mesti dihindari.

Manfaat Buah untuk Anjing Peliharaan

Buah kaya akan serat, vitamin, serta mineral yang bisa menolong tingkatkan kesehatan anjing. Misalnya, beberapa buah mengandung vitamin C yang baik buat tingkatkan sistem imunitas badan, sedangkan yang yang lain memiliki antioksidan yang menolong melawan radikal bebas. Walaupun begitu, perlu diingat kalau buah wajib diberikan dalam jumlah yang terbatas, sebab kandungan gula yang tinggi dapat berakibat kurang baik bila dikonsumsi melampaui batas.

Buah untuk Anjing Peliharaan

Berikut ini merupakan beberapa buah yang aman buat dikonsumsi oleh anjing peliharaan serta manfaatnya untuk kesehatan mereka:

  1. Apel

Apel merupakan salah satu pilihan buah yang sangat aman serta sehat buat anjing peliharaan. Buah ini kaya akan vitamin A serta C dan serat yang menolong sistem pencernaan. Pastikan buat menghilangkan bijinya terlebih dahulu, sebab biji apel memiliki amygdalin yang bisa menghasilkan sianida, senyawa beracun bila tertelan dalam jumlah besar.

  1. Pisang

Pisang merupakan sumber potasium, vitamin B6, serta vit C yang sangat baik. Buah ini pula kaya akan serat, yang bisa membantu pencernaan anjing. Walaupun pisang aman buat dikonsumsi anjing, pastikan buat tidak memberikan dalam jumlah berlebihan sebab kandungan gulanya agak tinggi.

  1. Semangka

Semangka merupakan pilihan buah yang menyegarkan buat anjing, terutama pada hari-hari panas. Buah ini memiliki banyak air, sehingga bisa menolong melindungi anjing tetap terhidrasi. Tidak hanya itu, semangka kaya akan vitamin A, B6, serta C. Jangan lupa untuk membuang biji serta kulitnya, sebab dapat menimbulkan gangguan pencernaan.

  1. Blueberry

Blueberry memiliki antioksidan tinggi yang berguna buat kesehatan anjing, terutama dalam melawan radikal bebas yang mengganggu sel-sel tubuh. Tidak hanya itu, blueberry pula kaya akan serat serta vitamin C, yang bisa menunjang kesehatan sistem imunitas tubuh.

    5. Stroberi

Stroberi merupakan buah yang memiliki banyak serat serta vitamin C. Buah ini pula memiliki enzim yang bisa membantu memutihkan gigi anjing secara natural. Tetapi, seperti buah yang lain, stroberi wajib diberikan dalam jumlah terbatas sebab kandungan gula yang cukup besar.

  1. Pir

Pir pula ialah buah yang aman serta berguna buat anjing. Buah ini memiliki vitamin C, vitamin K, serta serat. Seperti apel, pastikan buat menyingkirkan bijinya saat sebelum diberikan kepada anjing, sebab biji pir pula memiliki senyawa berbahaya.

Buah yang Wajib Dihindari

Walaupun banyak buah yang aman buat dikonsumsi anjing, terdapat beberapa buah yang wajib dihindari sebab dapat beracun ataupun menimbulkan permasalahan kesehatan:

  1. Anggur dan Kismis

Anggur serta kismis diketahui sangat beresiko untuk anjing. Mengkonsumsi anggur ataupun kismis bisa menimbulkan gagal ginjal kronis, walaupun jumlah yang disantap sedikit. Bila anjing Kalian tanpa terencana mengonsumsi anggur ataupun kismis, lekas hubungi dokter hewan.

  1. Alpukat

Alpukat memiliki persin, zat yang beracun untuk anjing. Mengkonsumsi alpukat bisa menimbulkan muntah, diare, serta permasalahan kesehatan yang lain. Tidak hanya itu, biji alpukat dapat tersangkut di saluran pencernaan serta menimbulkan penyumbatan.

  1. Ceri

Biji, daun, serta batang ceri memiliki sianida, yang beracun untuk anjing. Walaupun daging buah ceri tidak berbahaya, risikonya terlalu besar buat memberikan buah ini pada anjing.

  1. Jeruk Bali (Grapefruit)

Jeruk bali memiliki asam sitrat yang bisa menimbulkan gangguan pencernaan pada anjing, semacam muntah serta diare. Kulit serta bijinya pula berpotensi menimbulkan keracunan.

Selain itu untuk menambah refrensi baca juga: 7 Jenis Makanan dan Minuman yang tidak Boleh Diberikan pada Hewan Peliharaan

Cara Memberikan Buah pada Anjing Peliharaan

Walaupun buah-buahan yang disebutkan di atas aman buat anjing, penting buat memberikannya dalam jumlah yang terbatas. Terlalu banyak buah bisa menimbulkan gangguan pencernaan ataupun kelebihan gula, yang berisiko untuk anjing, terutama yang cenderung kelebihan berat badan ataupun mempunyai permasalahan kesehatan yang lain.

Berikut beberapa langkah dalam memberikan buah buat anjing peliharaan:

  • Potong kecil-kecil: Pastikan buah dipotong kecil-kecil supaya lebih gampang dikonsumsi serta tidak menimbulkan tersedak.
  • Jangan tambahkan pemanis: Jauhi memberikan buah yang telah ditambahkan gula ataupun pemanis buatan.
  • Awasi respons anjing: Sehabis memberikan buah buat pertama kali, perhatikan respon anjing. Bila muncul tanda-tanda alergi ataupun gangguan pencernaan, lekas hentikan pemberian buah serta konsultasikan dengan dokter hewan.

Jadi setelah mengetahui buah untuk anjing peliharaan, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!