Bagikan:

JAKARTA - Setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kopi Internasional. Perayaan tahunan ini merupakan sebuah momen penting untuk menghargai perjalanan panjang kopi dari biji hingga ke cangkir.

Kopi saat ini seolah menjadi bagian penting dari kehidupan serta gaya hidup masyarakat di seluruh dunia. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui cara membuat kopi benar dan nikmat seperti di kafe.

Padahal faktanya, menyeduh kopi bisa dilakukan dengan mudah selama meski hanya dengan peralatan sederhana. Bagaimana tipsnya?

Tips seduh kopi nikmat seperti di kafe

Berikut 10 tips membuat kopi di rumah agar cita rasanya lebih nikmat seperti di kafe, seperti dilansir dari laman Ready Set Eat pada Selasa (1/10/2024).

1. Mengenali biji kopi berkualitas

Sangat penting untuk mengetahui asal biji kopi yang akan diseduh. Mulai dari keasaman, kekuatan, dan rasa tergantung pada daerah tumbuhnya kopi.

"Biasanya biji kopi dari Afrika berwarna gelap dan asam. Biji kopi dari Amerika Selatan kurang asam dan lebih seperti panggang sedang," ujar Jazmin.

Jika Anda tidak yakin jenis kopi apa yang harus mulai diseduh, Guatemala adalah tempat yang baik untuk memulai. Kopi Guatemala memiliki rasa seimbang dalam rasa.

2. Membeli biji kopi utuh

Ketika berbicara tentang kopi, tidak masalah untuk berbelanja kopi biji utuh.

"Jika Anda menginginkan secangkir kopi yang enak, Anda membutuhkan biji kopi yang enak," ujar Jazmin.

Jika tidak dapat menemukan pemanggang kopi lokal di daerah Anda, Anda dapat membuat kopi berkualitas tinggi di rumah dengan membeli biji kopi utuh dan menggiling biji kopi sendiri. Mengapa kopi biji utuh? Dibandingkan dengan kopi bubuk, kopi biji utuh lebih segar dan beraroma.

3. Menggunakan timbangan

Untuk menyeduh kopi yang lebih baik di rumah, direkomendasikan untuk menggunakan timbangan. Cara ini bertujuan agar cita rasa kopinya bisa disesuaikan dengan selera.

Memiliki timbangan akan membantu mencapai kekuatan dan keseimbangan yang tepat untuk Anda. Jazmin merekomendasikan untuk mengukur 90 gram kopi biji utuh ke timbangan kecil yang murah sebelum digiling serta diseduh.

4. Menggiling biji kopi sesuai kebutuhan

Jangan menggiling semua biji kopi sekaligus. Jaga kopi di rumah agar sesegar mungkin dengan hanya menggiling jumlah biji kopi yang Anda rencanakan untuk digunakan.

5. Simpan bubuk kopi di wadah berbahan keramik

Setelah dibuka, kopi harus disimpan dalam wadah bahan keramik untuk melindungi dari sinar matahari. 

Selain itu, sangat penting untuk tidak membekukan kopi. Saat membekukan kopi, ada kemungkinan kopi akan menyerap kelembapan, yang dapat memengaruhi rasanya.

Ilustrasi minuman kopi
Tips menyeduh kopi nikmat (Freepik/Vecstock)

6. Menggunakan air yang difiltrasi

Saat menyeduh kopi, air itu penting. Itulah sebabnya menggunakan air yang disaring untuk membuat semua minuman kopi dan espresso.

7. Pilih metode penyeduhan kopi yang benar

Tidak semua metode penyeduhan sama, jadi Anda harus memilih sesuatu yang paling sesuai dengan gaya hidup dan selera.

Untuk mendapatkan kopi yang lembut dan merata, mesin pembuat kopi adalah pilihan terbaik. Sementara itu, French Press adalah cara yang bagus dan mudah untuk mendapatkan minuman yang lebih pekat dan pekat.

Namun, jika Anda hanya menginginkan secangkir kopi yang lembut, metode seduh yang baik bisa menjadi pilihan yang tepat. Metode apa pun yang akhirnya dipilih, ketahuilah Anda harus menyesuaikan tingkat kehalusan bubuk kopi.

8. Sering membersihkan mesin pembuat kopi

Pada dasarnya, biji kopi yang digiling dapat meninggalkan residu berupa minyak yang mungkin bisa berkerak. Jika alat atau mesin pembuat minuman kopi jarang dibersihkan, bisa jadi rasanya kurang nikmat. 

Itulah sebabnya kita perlu membersihkan mesin kopi secara berkala. Jazmin menjelaskan jika tidak sering membersihkan mesin pembuat kopi, maka kopi akan terasa tidak enak karena semua minyak yang tertinggal di teko.

9. Campur dengan rempah

Saat ini, tak sedikit barista memadukan minuman kopi dengan rempah-rempah agar rasanya lebih terasa nikmat. Kita dapat mencampur potongan cokelat ke dalam kopi, menambahkan topping dan bubuk kayu manis atau pala ke dalam minuman kopi.

10. Hangatkan susu terlebih dahulu

Latte dan cappuccino merupakan dua minuman yang cukup populer. Pada resep ini, kita perlu menghangatkan susu terlebih dahulu agar rasa kopi dan susunya bercampur menjadi lebih nikmat. 

Selain itu, perhatikan juga soal takaran yang sesuai atau mungkin bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika ingin rasa yang lebih creamy, tentu kombinasi susunya bisa dituang lebih banyak daripada espresso.