Bagikan:

JAKARTA - Ada banyak perubahan sederhana yang dapat Anda lakukan pada ruangan di dalam rumah untuk memastikan bahwa ruang tersebut lebih mencerminkan pribadi Anda dan terasa lebih nyaman di dalamnya. Di bawah ini, desainer berbagi beberapa kiat bermanfaat tentang cara menghadirkan banyak kepribadian ke dalam rumah tipe apapun.

1. Pajangan Seni

Mengapa tidak membuat galeri mini di ruang tamu Anda? "Seni selalu membuat rumah terasa lebih personal," kata Michelle Gage dari Michelle Gage Interior Design. 

"Anda dapat mengoleksi karya seni dari waktu ke waktu dan beberapa yang didapat dari hasil traveling atau mengunjungi pasar dan galeri lokal,” terang Gage.

Jangan merasa perlu memilih apa yang sedang tren; fokuslah pada karya yang berbicara kepada Anda. Memilih sesuatu yang terasa spesifik dengan gaya pribadi Anda selalu memberikan dampak. Anda dapat menciptakan kenangan baru lewat temuan karya seni Anda.

"Tidak ada jenis seni yang 'tepat' karena semuanya tentang apa yang ditimbulkan oleh karya tersebut bagi pemiliknya," katanya.

2. Tunjukkan Apa yang Anda Sukai

Ada cara kreatif lain menunjukkan apa yang Anda senangi. Misal, jika senang memasak, Anda bisa mengoleksi berbagai garam, rempah-rempah, maupun bumbu. Anda bisa menaruhnya dalam wadah keramik dengan berbagai ukuran dan bentuk. Atau jika memiliki anabul kesukaan, Anda bisa memajang foto dengan bingkai yang serasi dalam berbagai ukuran. Kemudian di pajang di dinding.

3. Cat Dinding

Baik Anda menyewa tempat atau memiliki rumah, Anda dapat dengan mudah menggunakan cat untuk mengubah ruangan sesuai pilihan. Cat adalah cara bagus untuk mempersonalisasi suatu ruangan. Biayanya rendah tetapi dampaknya bisa dramatis. Anda bisa menggunakan selotip khusus untuk menciptakan pola geometris seperti garis-garis. 

Jangan takut mengambil risiko. Gunakan cat atau aksesoris rumah yang berani. Jika mampu, Anda bisa meminta bantuan desainer. Biasanya, desainer akan menyesuaikan dekorasi rumah dengan apa yang Anda senangi.

4. Pikirkan Ulang Pencahayaan Rumah

“Pasang pencahayaan di setiap ruangan," saran Jocelyn Polce dari August Oliver Interiors, melansir The Spruce, Senin, 23 September. "Pencahayaan di atas kepala yang mencolok dapat terasa steril dan mendasar. Pertimbangkan penggunaan ruang dan suasana yang ingin Anda ciptakan."

Gunakan pencahayaan sebagai cara menambahkan tekstur dan keunikan pada ruang Anda. "Tambahkan lampu dengan kap kain bermotif untuk menciptakan pola, atau letakkan lampu mini di meja dapur di atas nampan untuk pencahayaan suasana," kata Polce.

5. Beli Hanya Barang yang Anda Sukai

Mengisi rumah dengan barang-barang yang Anda anggap istimewa akan membuat ruangan terasa lebih seperti milik sendiri. Ingat, hanya perlu membeli barang yang Anda sukai saja, tidak perlu membuang-buang uang untuk membeli benda-benda yang kurang sesuai dengan minat Anda.

6. Yakinlah dengan Pilihan Anda

Jangan ragu membuat pilihan desain yang Anda sukai, meskipun tidak semua orang menyukainya. 

"Cara terbaik membuat rumah terasa seperti 'milik Anda' adalah dengan mengetahui dan yakin dengan estetika desain sendiri," kata Brandi Wilkins dari Three Luxe Nine Interiors. Sering kali seseorang lebih condong pada tren daripada apa yang disukai secara pribadi.