7 Warna Paling Populer untuk Dekorasi Natal Tahun 2023
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Merah dan hijau akan selalu menjadi warna dekorasi Natal yang ikonik. Namun, tren desain terkini turut membuka jalan bagi kombinasi warna baru yang segar dan mencuri perhatian.

“Meski hijau jadi warna umum, tapi memadukannya dengan warna lain merupakan hal yang menarik tahun ini,” kata Liz Williams, desainer interior dan pemilik Liz Williams Interiors disadur Better Homes and Gardens, Senin, 4 Desember. 

Mengambil inspirasi dari pakar desain, VOI mengumpulkan skema warna Natal terpopuler musim ini untuk membantu Anda menciptakan tampilan yang disukai.

Warna permata

Warna permata seperti Sapphire, Ruby, dan Emerald tetap jadi pesaing utama tren warna Natal pada 2023. Warna-warna pekat ini mampu menonjolkan kepribadian dan melengkapi dekorasi yang lebih redup menurut Maggie Griffin, desainer interior dan pemilik Maggie Griffin Design.

Untuk bereksperimen dengan palet warna ini, mulailah dengan mencari nuansa warna favorit Anda berdasarkan warna permata seperti merah delima, hijau zamrud, ungu terong, dan biru safi. Kemudian, tambahkan warna-warna ini ke dalam bantal, selimut, dan aksesori Natal sebagai cara menciptakan suasana liburan yang mempesona dan dinamis.

Sparkling neutral

Tak hanya warna-warna meriah, warna sederhana juga bisa ciptakan suasana natal yang hangat di rumah. Coba pilih warna-warna netral yang penuh dengan kilau metalik untuk menciptakan latar belakang perayaan Natal musim ini. Gunakan warna metalik seperti emas, perak, dan tembaga untuk menciptakan efek mempesona yang terasa nyaman dan glamor.

Griffin merekomendasi menggabungkan warna netral perak dan emas dengan "banyak kilauan" untuk melengkapi dekorasi rumah. Anda bisa maksimalkan tampilan dengan memilih pernak-pernik glitter atau lebih klasik dan halus dengan ornamen berbahan kaca warna perak atau pearl.

Setelah pohon natal ditutupi dengan ornamen berkilauan, hiasi meja makan, dan rak buku dengan kumpulan pita berkilauan, biji pinus berlapis emas, dan lampu kelap-kelip hangat untuk menambah elemen kilau.

Hijau Pucat

Jika Anda merasa kurang puas merayakan natal tanpa warna hijau, jangan batasi diri pada warna hijau klasik. Sebaliknya, bereksperimen lah dengan warna dan corak yang berbeda untuk menghasilkan estetika yang sangat indah. 

“Warna pale, turquoise blue, dan chartreuse, dapat menambah daya tarik dan kesegaran,” kata Williams. Nuansa hijau yang lebih terang akan tetap menghadirkan kehangatan dan sentimen palet Natal klasik sekaligus menciptakan tampilan modern dan segar.

Merah Klasik dan Hijau

Duo warna ceria ini terus menduduki peringkat teratas dalam daftar skema warna paling populer dari para desainer. Merah dan hijau merupakan pasangan yang sempurna dalam warna Natal berkat posisi keduanya yang saling melengkapi dalam roda warna dan daya tarik klasik. 

Biru dan putih

Mengambil inspirasi dari era Victoria, skema warna biru dan putih menjadi pendamping ideal bagi pecinta chinoiserie dan pernak pernik berbau klasik. Kombinasi warna ini menciptakan suasana Natal yang meriah, menyisakan ruang untuk aksen hijau dan emas. Hiasi pohon Natal dengan ornamen biru, manik-manik, dan pita biru tua sebelum melengkapi ruangan dengan beludru biru, renda bersalju, dan aksen emas. Jika Anda sudah memiliki koleksi chinoiserie antik atau guci warna biru putih, pajanglah di ruangan untuk menciptakan suasana liburan klasik.

Cokelat

Untuk pendekatan yang lebih gelap dan bernuansa kayu, pilihlah skema warna cokelat.

“Cokelat muda dan tua dapat menambah kekayaan skema warna Natal, baik itu menggunakan pita beludru sederhana atau memasukkan biji ek dan kerucut pinus ke dalam dekorasi rumah,” kata Williams.

Sebagai permulaan yang mudah, tukar alas pohon Natal dengan keranjang anyaman berwarna cokelat dan satukan seluruh ruangan dengan menambahkan karpet goni atau sisal. Untuk lebih bertema kayu, tambahkan beragam warna dan corak ornamen coklat dan juga beberapa aksen perunggu.