Bagikan:

YOGYAKARTA – Wisatawan yang tengah berkunjung ke Jogja sering memburu oleh-oleh bakpia. Salah satu brand yang terkenal di Jogja adalah Bakpia Pathok 25 yang memiliki pabrik cukup besar. Bahkan wisatawan bisa berkunjung sekaligus membeli oleh-oleh di pabrik Bakpia Pathok 25 secara langsung.

Tidak hanya sebagai tempat produksi, pabrik Bakpia Pathok jadi tempat kunjungan yang wajib masuk dalam itinerary liburan wisatawan.

Pabrik Bakpia Pathok 25

Pabrik Bakpia Pathok 25 adalah area industri untuk memproduksi kue bakpia. Sebelum mendirikan pabrik, produksi Bakpia Pathok 25 masih berskala rumahan. Produksi dimulai pada tahun 1948 dengan sistem kemas anyaman bambu besek.

Perusahaan Pabrik Bakpia Pathok 25 sendiri memiliki pabrik produksi di Sanggrahan Pathuk, Jl. Karel Sasuit Tubun NG/I No.504, Ngampilan, Kota Yogyakarta. Pabrik ini tidak begitu jauh dari Malioboro, Titik 0 Km Yogyakarta, dan pusat keramaian lain di Kota Jogja.

Jalan Menuju Pabrik Bakpia Pathok 25

Seperti disinggung sebelumnya, Pabrik Bakpia Pathok 25 tidak terlalu jauh dari pusat keramaian Kota Jogja. Berikut ini rute dan patokan jalan menuju pabrik bakpia Jogja 25, baik menggunakan kendaraan pribadi mobil atau sepeda motor, maupun menggunakan kendaraan busway TransJogja.

  1. Jalan ke Pabrik Bakpia Pathok 25 Menggunakan Kendaaraan Pribadi

Agar lebih mudah, Anda disarankan memulai perjalanan start dari Titik 0 Km Yogyakarta yang bersebelahan dengan bangunan Benteng Vredeburg (sebelah Timur) dan Gedung Agung (sebelah Utara).

Berjalanlah ke arah Barat hingga menjumpai Rumah Sakit PKU Muhammadiyah (Utara jalan), lalu belok ke Utara di Jl. Bhayangkara. Teruslah berjalan lalu belok kiri di Jl. Karel Sasuit Tubuh ke arah Barat. Teruslah mengambil jalan tersebut nantinya Anda pabrik bakpia yang Anda cari akan berada di sebelah kiri.

  1. Jalan ke Pabrik Bakpia Pathok 25 Menggunakan Trans Jogja

Pabrik Bakpia 25 juga bisa dijangkau menggunakan transportasi umum TransJogja karena lokasinya berada di pusat kota. Jika dari Titik 0 Km, Anda harus jalan kaki menuju Halte TransJogja terdekat, yakni Halte Malioboro 1.

Setelah itu Anda bisa menggunakan Bus TransJogja Koridor 2A (arah Terminal Ngabean) dan turun di Halte Transjogja Ngabean. Setelah itu Anda harus jalan kaki sekitar 5-10 menit menuju Jalan Letjen Suprapto. Setelah itu beloklah ke arah Timur menuju Jl. Karel Sasuit Tubuh. Anda akan menemukan petunjuk arah Pabrik Bakpia Pathok 25 di sebelah Utara jalan.

Operasional Pabrik Bakpia Pathok 25

Sebelum berkunjung disarankan untuk mengetahui jam operasional Pabrik Bakpia Pathok 25. Pabrik tersebut buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 23.30 WIB.

Di pabrik tersebut pengunjung bisa menyaksikan proses pembuatan bakpia dan pengemasannya. Selain itu tersedia pula outlet oleh-oleh sehingga wisatawan bisa langsung membeli produk Bakpia Pathok 25. Harga yang dibanderol bakpia tersebut beragam disesuaikan dengan isi dan variannya. Namun rata-rata bakpia dijual mulai Rp45.000 sampai Rp55.000.

Itulah informasi terkait pabrik Bakpia Pathok 25. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.