Bagikan:

JAKARTA - Mungkin Anda tergoda mengecat ulang perabot lama yang sudah teronggok di rumah. Tapi, perlu diketahui bahwa tak semua perabot bisa dicat ulang. VOI melansir informasi The Spruce, Jumat, 13 September, berikut berbagai jenis perabot yang tidak boleh dicat ulang, sehingga Anda bisa lebih awas dan berhati-hati dalam merawat barang-barang.

Perabotan Antik

Baik barang antik hasil perburuan Anda atau yang didapat dari warisan keluarga,  sebaiknya lakukan riset untuk mencari tahu apakah barang-barang tersebut asli. Dan jika ya, kapan tepatnya barang-barang tersebut dibuat. Jika usianya sedikitnya 100 tahun, barang-barang tersebut adalah barang antik yang sebaiknya tidak dicat ulang. 

“Mengecat furnitur antik dapat mengurangi nilainya secara signifikan, terutama jika furnitur tersebut memiliki nilai sejarah, karena kolektor sering kali mencari hasil akhir yang orisinal,” jelas Deborah Meyers, seorang seniman renovasi furnitur.

Barang Baru Hasil Pabrik

Anda dapat mengecat hampir semua jenis permukaan—baik laminasi, kayu, atau logam—jika Anda telah menyiapkan permukaan dengan benar dan memilih cat serta metode aplikasi yang tepat. Namun, jika Anda berurusan dengan perabot baru, bahkan jenis flat-pack yang terjangkau, sebaiknya tunda pengecatannya karena cat mungkin tidak akan menempel dengan baik pada hasil pabrik yang asli.

"Bahkan jika Anda mengikuti cara yang dirasa paling tepat, lapisan cat akan lebih rentan terhadap keausan dan terkelupas dibandingkan lapisan cat asli pabrik," kata Carrie Spaulding, pendiri blog dekorasi rumah DIY dan saluran YouTube bernama Lovely Etc.

Potongan dengan Detail Rumit

Jika potongan tersebut terbuat dari kayu yang diukir dengan tangan, seperti kepala tempat tidur atau lemari berhias, cat akan mengaburkan pengerjaan rumit yang membuat potongan tersebut istimewa, jelas Meyers.

Namun, meskipun tidak diukir dengan tangan, detail berhias apa pun sulit untuk dicat ulang: Sulit mendapatkan cakupan merata serta menghindari tetesan saat mengecat detail, ornamen, atau lengkungan rumit. Jadi, jujurlah dengan diri sendiri tentang kemampuan melukis Anda sebelum mencoba mengubah tampilan potongan tersebut.

Furnitur Luar Ruangan dari Kayu Cedar

Sering menjadi pilihan populer untuk furnitur luar ruangan dan elemen taman karena ketahanannya terhadap cuaca, kayu cedar sering digunakan dalam berbagai perabot mulai dari kursi dek Adirondack klasik yang rendah hingga teralis privasi dan rumah burung. Meskipun kayu cedar alami biasanya lebih baik jika dilapisi untuk perlindungan tambahan dari cuaca, mengecatnya bukanlah ide bagus.

“Kayu cedar tidak hanya memiliki pola serat indah yang akan tersembunyi oleh lapisan cat, tetapi juga memberikan ketahanan alami terhadap pembusukan dan kerusakan serangga yang seharusnya dapat dikurangi dengan mengecatnya,” kata Vageesh Bakhshi, manajer produk senior perawatan kayu eksterior di Sherwin-Williams.

Di sisi lain, pewarnaan meningkatkan kualitas kayu yang melekat sekaligus memberikan perlindungan ekstra terhadap kelembapan dan sinar UV.

Pilih Barang Modern Pertengahan Abad

Sama seperti barang antik, perabotan era modern pertengahan abad sering kali menjadi barang koleksi. Pikirkan desain ikonik seperti meja kopi Noguchi, kursi santai Eames, dan kursi makan Jacobsen, di antara banyak lainnya.

Sementara beberapa barang dari periode desain ini dibuat dari kayu solid seperti kenari dan jati, yang lain terbuat dari kayu lapis yang ditekuk dan dilapisi dengan lapisan kayu berkualitas tinggi. Cat akan mengurangi tampilan ikonik, menutupi serat kayu yang indah, atau menghilangkan lapisan kayu asli pertengahan abad juga dapat mengurangi nilai barang tersebut. Jadi, jika Anda ingin mewariskannya atau menjualnya suatu hari nanti, cari tahu latar belakang barang tersebut sebelum Anda mulai mengecat atau memajangnya.