Bagikan:

JAKARTA - Acara Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) secara perdana akan menyelenggarakan JAFF Market yang merupakan event industri yang diharapkan menjadi hub dan sarana berjejaring bagi seluruh ekosistem perfilman Indonesia.

Acara ini nantinya diharapkan mampu mendorong pertumbuhan dan inovasi industri film di Indonesia. Rencananya, JAFF Market akan digelar pada tanggal 3-5 Desember 2024 di Jogja Expo Center, Yogyakarta.

"Sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara, Industri layar di Indonesia masih belum memiliki sebuah etalase yang menampilkan industri filmnya. JAFF yang dikembangkan bersama Kemendikbudristek RI mengambil kesimpulan bahwa JAFF memerlukan sebuah unit bisnis untuk mengembangkan penyelenggaraan festival serta menjamin keberlanjutannya," ungkap Ifa Isfansyah selaku chairman JAFF Market dikutip VOI dari siaran media, Jumat, 30 Agustus.

"Untuk itu, JAFF Market hadir sebagai sebuah Marketplace dan etalase yang menampilkan industri perfilmannya," tambahnya.

Meski baru pertama kali digelar, JAFF Market menerima dukungan penuh dari Kemendikbudristek RI. Bapak Ahmad Mahendra, Direktur Perfilman, Musik, dan Media, menyampaikan harapannya, “Dalam pelaksanaan JAFF MARKET tahun pertama ini kami berharap menjadi ruang kolaborasi yang mampu membuka peluang besar bagi para sineas dengan stakeholder terutama para investor untuk saling bertemu dan berjejaring," tambah Ahmad Mahendra.

"Harapannya menghasilkan film-film Indonesia yang berkualitas dan mendapatkan apresiasi di festival film internasional. Semoga kita semua dapat berkomitmen bersama untuk terus memajukan ekosistem perfilman yang lebih baik di Indonesia," sambungnya.

Di tahun pertamanya, JAFF Market menghadirkan berbagai macam program dan kegiatan yang dapat menjadi sarana bertemunya seluruh ekosistem perfilman Indonesia.

Selain tentunya Film Industry Exhibition, yang menjadi tempat untuk showcase yang akan memamerkan potensi perfilman Indonesia mulai dari produksi, edukasi, distribusi, institusi, dan semua elemen lainnya, berbagai program sudah dipersiapkan diantaranya, JAFF Future Project, JAFF Content Market, JAFF Market Partnership Forum, JAFF Market Screening Room, serta Talent Day dan Reel Life Film Camp dua program yang bekerja sama dengan NETFLIX.

Network Event juga hadir untuk membuka dan memperluas jaringan pelaku industri dan ekosistem perfilman yang bersifat kasual dan terjadi di luar jam kerja JAFF Market.