Ada Hajatan Film Bertajuk Jogja-NETPAC Asian Film Festival ke-17
Pembukaan Jogja-NETPAC Asian Film Festival ke-17. (IST)

Bagikan:

JAKARTA - Penyelenggaraan Jogja-NETPAC Asian Film Festival atau JAFF ke-17 telah dimulai pada Sabtu, 26 November kemarin. Tahun ini, JAFF mengusung tema ‘Blossom’ atau bersemi untuk menandai usia muda yang sarat dengan energi, keingintahuan, dan kreativitas. Tema ini juga menyimbolkan munculnya inovasi-inovasi baru dalam moda produksi dan penjelajahan artistik, serta bakat-bakat baru di lanskap sinema Asia.

Berlangsung di Empire XXI Yogyakarta, film ‘Piknik Pesona’ dipilih sebagai film pembuka yang ditampilkan. Piknik Pesona merupakan film pendek dengan latar 10 kota yang dikerjakan oleh 10 sutradara muda Indonesia. Irin Junirman dari Palari Films pun mengungkapkan kebahagiaannya atas terpilihnya Piknik Pesona sebagai film pembuka.

“Selamat kepada JAFF selama 17 tahun sudah menjadi perhelatan ibadah sinema Indonesia. Malam ini kami bangga sekali bisa membagikan karya kami kepada khalayak perfilman. Saya mewakili Palari Films, senang sekali dan berterima kasih kepada Vision Plus untuk kerjasamanya, terima kasih juga terutama untuk penonton, mari kita merayakan keberagaman,” kata Irin Junirman dalam keterangan tertulis.

Tiket Habis Terjual

Antusiasme penonton atas penyelenggaraan JAFF 2022 pun terlihat ketika tiket Piknik Pesona habis dalam waktu singkat ketika penjualan tiket JAFF ke-17 dibuka pada 19 November lalu. Piknik Pesona adalah salah satu film yang tiketnya langsung habis diserbu saat penjualan tiket JAFF17 dibuka pada 19 November lalu. Tidak hanya itu, tercatat lebih dari sepuluh film yang tiketnya habis terjual kurang dari 30 menit sejak dibuka.

“Jumlah pengunjung dan penonton di JAFF selalu bertambah. Setiap tahunnya muncul penonton-penonton baru yang datang ke JAFF untuk pertama kalinya. Hal ini semakin membuat saya semakin yakin bahwa budaya sinema di Indonesia akan terus semakin kuat,” ungkap Ifa Isfansyah selaku Festival Director.

Antusiasme juga terlihat dari jumlah penonton yang hadir di hari pertama, meski diguyur hujan hampir sepanjang hari, penonton dan undangan yang hadir pun tetap setia menghadiri festival. Seremoni yang dilangsungkan malam hari di halaman Empire XXI Yogyakarta pun dihibur dengan penampilan Neo Collective. Untuk beberapa hari ke depan, panggung yang terpasang di halaman depan bioskop Empire XXI tersebut akan terus menampilkan beragam penampilan selama festival berlangsung.

Pada pembukaan festival, Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X, membacakan sambutan yang ditulis oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sultan Hamengkubowono X melalui video memberikan dukungannya terhadap penyelenggaraan JAFF.

“Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2006, JAFF telah menjadi ruang yang tak terpisahkan dengan dinamika masyarakat Jogja. Selaras dengan tema yang diusung JAFF17 yaitu Blossom, menjadi harapan kita bersama bahwa gelaran ini menjadi penanda pertumbuhan serta semangat pembaruan dalam moda produksi, penjelajahan artistik, dan tematik dalam lanskap sinema Asia sehingga JAFF mampu berkontribusi untuk menjadikan Yogyakarta sebagai barometer sinema Indonesia di Asia.” ujar KGPAA Paku Alam X.

Selain Wakil Gubernur, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim juga menyampaikan dukungannya melalui video singkat. “Atas berbagai capaian yang diraih JAFF dan mempertahankan eksistensinya selama 17 tahun tanpa henti bahkan di saat pandemi, kami di Kemendikbud Ristek melalui Dirjen Kebudayaan memberikan dana abadi kebudayaan kategori kegiatan strategis”ungkap Bapak Nadiem Makarim. Selain itu, Bapak Nadiem Anwar Makarim juga memberikan ucapan selamat atas diselenggarakannya JAFF17. “Kepada semua penyelenggara, tamu undangan, mitra, dan seluruh pendukung JAFF ke-17, saya ucapkan selamat berfestival. Mari terus berkreasi dan berkarya untuk mewujudkan Indonesia merdeka berbudaya,” tuturnya.

JAFF tahun ini akan dilaksanakan secara luring dan daring selama delapan hari berturut-turut, terhitung sejak 26 November hingga 3 Desember. Empire XXI yang menjadi lokasi utama selain LPP Yogyakarta dan KLIKFILM untuk menikmati JAFF17 secara daring. Jadwal program JAFF17 dan cara membeli tiket dapat ditemukan di akun media sosial resmi @jaffjogja dan situs resmi, jaff-filmfest.org.