Bagikan:

JAKARTA - Pasangan Robby dan Nastasya Shine baru dikaruniai putri ketiga mereka yang lahir pada 19 Agustus kemarin. Putri ketiga mereka lahir dengan berat 2750 gram dan panjang 48 sentimeter pada pukul 09.10 WIB dengan proses persalinan sectio caesarea.

Dokter kandungan yang menangani proses kelahiran Nastasya, Dr. dr. Edihan Mardjuki menjelaskan alasan pasangan ini memilih lahirkan secara caesar karena leher putri mereka yang terlilit tali pusar.

"Puji Tuhan, tidak ada kesulitan yang kita takutkan, dengan sebenarnya kalau lilitan tali pusart, pada saat proses kelahiran normal, kita takut lilitannya pada lehernya bertambah kencang," kata Dr. dr. Edihan Mardjuki di Eka Hospital Grand-Family PIK, Jakarta Utara, Selasa, 20 Agustus.

"Jadi bayinya tidak bisa bernafas, sehingga mungkin efeknya salah satunya bisa terjadi kerusakan otak, mungkin sampai bayinya meninggal," lanjutnya.

Robby merasa tidak ada masalah dengan keputusan dokter itu dan memilih untuk mengikuti kebijakan dokter yang terbaik untuk istri dan calon putri ketiganya.

"Dokter mengambil keputusan itu kan berdasarkan kondisi, nggak asal-asalan. Dan istriku itu dua kali melahirkan normal. Karena menurut dokter Edi itu memang kondisinya memungkinkan dong ya, untuk (lahiran caesar), karena memang tidak memungkinkan untuk lahir normal," jelas Robby Shine.

Begitu pula dengan Nastasya yang merasa kalau kelahiran caesar ini memiliki proses penyembuhan yang lebih cepat dibandingkan secara normal.

"Kalau (melahirkan) normal itu waktu konstraksi ya. Habis itu udah nggak sakit. Tapi kalau caesar waktu lahiran nggak sakit, habis lahiran baru sakit. Jadi sama aja," jelas Nastasya Shine.