Bagikan:

JAKARTA - Terkadang Anda mencintai seseorang tapi harus berpisah karena ternyata terlalu banyak perbedaan yang menyebabkan ketidakcocokan. Tidak menyenangkan memang, tapi terkadang ada juga orang-orang yang mau bertahan meski banyaknya perbedaan. 

Meski demikian, Anda perlu tahu apa saja tandanya jika Anda dan si dia tidak cocok sebagai pasangan. Agar tak perlu menghabiskan waktu tertahan dengan satu sama lain padahal sudah tidak bisa sejalan.

Perbedaan nilai

Dilansir Marriage.com, Selasa, 13 Agustus, ketika nilai tentang kehidupan, etika, dan prioritas pribadi tidak selaras dengan pasangan, hal ini dapat menyebabkan perselisihan mendasar. Misal, jika Anda lebih memprioritaskan kesuksesan karir sedangkan pasangan lebih mementingkan kesejahteraan keluarga. Maka perbedaan-perbedaan ini bisa menciptakan jurang yang sulit dijembatani. Sehingga akan menantang kecocokan hubungan Anda.

Tujuan hidup bertentangan

Contohnya, jika Anda menginginkan kehidupan nomaden sementara pasangan mau punya hidup yang mapan dan tinggal di pinggiran kota. Tujuan hidup yang saling bertentangan ini tidak hanya dapat melemahkan dukungan dalam hubungan, tetapi juga menumbuhkan rasa benci seiring berjalannya waktu. Sebab, masing-masing akan merasa terkekang atau tertekan untuk mengorbankan aspirasi pribadi yang mendalam.

Konflik terus-menerus

Salah satu tanda hubungan dengan pasangan sudah tidak cocok lagi yaitu lebih sering terjadi pertengkaran. Konflik terus-menerus biasanya berasal dari masalah yang lebih dalam, misalnya gaya komunikasi yang tidak cocok atau ekspektasi dalam hubungan yang tidak sesuai keinginan sehingga menyebabkan hubungan berada di ujung tanduk. 

Gaya komunikasi yang berbeda

Jika salah satu pasangan lebih suka komunikasi langsung dan yang lain lebih bernuansa, kesalahpahaman dapat berkembang. Komunikasi efektif sangat penting untuk menyelesaikan konflik dan membangun hubungan lebih dalam.

Ketidakpedulian terhadap minat masing-masing

Kecocokan tidak mengharuskan adanya minat yang sama, tetapi menunjukkan antusiasme terhadap hal yang membuat pasangan bersemangat sangatlah penting. Jika Anda tidak peduli setiap kali pasangan membicarakan minat mereka, hal itu dapat membuat mereka merasa tidak dihargai dan terisolasi dalam hubungan tersebut.

Kebutuhan seksual yang berbeda

Kecocokan seksual bukan hanya tentang ketertarikan tapi ini tentang frekuensi, gaya, dan nilai-nilai seputar keintiman. Kebutuhan yang berbeda dapat menyebabkan frustasi dan ketidakpuasan, sehingga menjadi faktor penting dalam menentukan apakah Anda cocok dengan pasangan atau tidak.

Humor yang tidak cocok

Mereka mengatakan tertawa adalah obat mujarab, tetapi jika salah satu dari Anda selalu tertawa sementara yang lain jarang tersenyum. Rasanya seperti Anda hidup di dunia emosional yang berbeda. Tawa bersama adalah ikatan yang kuat. Tanpa kehadiran tawa, hubungan percintaan hanya akan terasa biasa saja.