Bagikan:

YOGYAKARTA – Wasir adalah pembuluh darah di anus atau rektum yang meradang dan bengkak. Biasanya dikenali dengan gejala seperti gatal, nyeri, dan pendarahan. Namun beberapa orang yang mengalami wasir tidak memiliki gejala sama sekali. Wasir bisa sangat mengganggu, selain juga menyebabkan sembelit.

Jika seseorang menderita wasir, buang air besar mungkin akan terasa sangat menyakitkn. Hal ini mendorong orang tersebut abai terhadap keinginan buang air besar. Penting diketahui, menahan buang air besar akan membuatnya lebih sulit dan keras dikeluarkan. Faktor yang dapat membuat wasir semakin parah, adalah pola makan yang kurang serat sehingga menyebabkan sembelit. Sembelit juga bisa terjadi ketika mengalami wasir karena anus tersumbat. Nah, seperti lorong gelap tak usai, wasir bisa menyebabkan sembelit dan bisa juga sebaliknya. Ketika seseorang mengejan keras karena sembelit, bisa meningkatkan risiko wasir.

pencegahan dan gejala wasir yang menyebabkan sembelit
Ilustrasi pencegahan dan gejala wasir yang menyebabkan sembelit (Freepik)

Cara mengobati sembelit dan wasir, sebenarnya hanya dengan mengubah gaya hidup dan pola makan. Tujuannya supaya buang air besar menjadi lebih mudah dan tidak menimbulkan rasa sakit serta mengejan keras. Sedangkan cara pencegahan wasir yang dapat menyebabkan sembelit, antara lain dengan berikut ini:

1. Hindari mengejan

Idealnya, buang air besar tidak mengalami kesulitan dan tinja mudah dikeluarkan tanpa harus mengejan keras. Maka hindari keinginan untuk mengejan. Selain itu, hindari pula duduk di toilet dalam waktu yang lama.

2. Minum lebih banyak air

Tidak mendapatkan cukup air pada siang hari, atau saat jam-jam produktif, membuat tinja menjadi lebih keras dan menggumpal. Jadi, pastikan Anda minum cukup air supaya bisa membantu melunakkan tinja.

3. Makan lebih banyak serat

Meningkatkan asupan makanan yang mengandung serat larut, dapat membuat tinja menjadi lebih lunak. Suplemen serat mungkin juga bermanfaat mencegah wasir dan sembelit. Tetapi suplemen harus ditambahkan secara perlahan dan dengan saran dari ahli nutrisi atau penyedia layanan kesehatan.

4. Perbanyak olahraga

Tidak banyak bergerak, dapat menyebabkan sembelit. Anda bisa tetap bergerak dengan mengalokasikan waktu 45 menit setiap harinya. Misalnya dengan berjalan-jalan ke taman atau melakukan olahraga jenis lainnya.

Wasir bisa diatasi dengan minum obat yang dijual bebas di apotek. Anda bisa membelinya tanpa resep dokter. Tetapi obat ini hanya membantu mengurangi gejala, seperti pembengkakan dan gatal-gatal. Beberapa diantarannya, mungkin bisa meredakan rasa nyeri. Melansir VerywellHealth, Jumat, 9 Agustus, mandi sitz atau mandi duduk di bak dangkal berisi air hangat juga dapat membantu mengatasi pembengkakan wasir yang menyebabkan sembelit. Ini juga dapat sebaliknya, membantu mengatasi sembelit yang mengakibatkan hemorrhoids atau wasir.