Benjolan di Dubur Tapi Bukan Wasir, Apa Penyebabnya?
Ilustrasi nyeri (Sora Shimazaki-Pexels).jpg

Bagikan:

YOGYAKARTA – Munculnya benjolan di dubur tapi bukan wasir kadang membuat pengidapnya merasa khawatir mengidap penyakit tertentu. Sebenarnya ada banyak penyebab munculnya benjolan di dubur selain wasir. Meski demikian benjolan tersebut sama-sama memicu rasa kurang nyaman bahkan nyeri.

Artikel ini akan mencoba menjelaskan penyebab benjolan di dubur selain wasir.

Benjolan di Dubur Tapi Bukan Wasir

Anusr adalah lubang di bagian bawah saluran pencernaan. Anus tersusun dari kulit, jaringan usus dalam, kelenjar lendir, kelenjar getah bening, hingga pembuluh darah. Pada dubur juga terdapat ujung saraf yang cukup sensitif.

Bagian dubur bisa mengalami infeksi, iritasi, penyumbatan, hingga muncul benjolan. Biasanya benjolan di anus akan terasa nyeri. Saat itu terjadi Anda harus tahu penyebab munculnya benjolan selain wasir.

  1. Kutil Anus

Penyebab benjolan di anus salah satunya adalah kutil anus. Kondisi tersebut bisa terjadi karena adanya infeksi human papillomavirus (HPV). Ciri-ciri benjolan yang disebabkan oleh HPV biasanya tidak nyeri. Seseorang yang mengalami ini biasanya tak memiliki keluhan sehingga kadang tak sadar ia memiiki benjolah HPV.

Ukuran benjolan di anus akibat HPV berukuran kecil hingga besar. Untuk ukuran kecil tidak memicu rasa nyeri, sedangkan jika ukuran besar akan terasa gatal bahkan mengeluarkan darah atau lendir.

  1. Jerawat

Jerawat tidak hanya terjadi di area muka dan punggung namun bisa pula di sekitar anus. Jerawat di anus disebabkan karena penyumbatan pori-pori. Saat muncul jerawat di anus jangan dipecah karena akan memicu rasa nyeri.

  1. Sembelit

Sembelit adalah kondisi di mana pengidap sulit untuk buang air besar (BAB). Hal itu terjadi karena feses atau tinja mengeras sekaligus kering. Saat dipaksa untuk BAB, pengidap berpotensi mengalami pembengkakan di bagian lubang anus. Pembengkakan ini kadang dianggap sebagai benjolan. Untuk menghindari kondisi ini rajin makan buah dan sayur serta cukupi kebutuhan cairan tubuh.

  1. Perianal Hematoma

Perianal Hematoma adalah sebuah kondisi yang ditandai dengan kemunculan benjolan kecil di area anus. Benjolan ini berwarna keunguan mendekati hitam di luar anus. Perianal hematomaterjadi karena pembuluh darah pecah. Penyebab pecahnya beragam bisa karena terlalu keras mengejan saat BAB atau karena mengangkat beban terlalu berat dengan posisi keliru.

Benjolan yang disebabkan karena perianal hematoma bisa berukuran bola bisbol. Sensasinya terasa nyeri dan bengkak.

  1. Abses Anus

Kondisi abses anus terasa cukup menyakitkan. Gangguan kesehatan ini terjadi karena adanya sekumpulan bisul berisi nanah. Abses anus sendiri dipicu oleh berbagai hal mulai dari infeksi biasa, infeksi menular seksual, hingga penyumbatan di kelenjar area anus.

Ciri-ciri abses anus adalah munculnya benjolan warna merah. Saat benjolan disentuh akan terasa hangat.

Selain di anus, masyarakat disarankan untuk mengenali benjolan di leher yang tidak berbahaya.

Itulah informasi terkait benjolan di dubur tapi bukan wasir. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.