Bagikan:

JAKARTA - Mawar mini adalah mawar asli yang telah dibiakkan secara selektif agar ukurannya lebih kecil dari ukuran mawar biasa. Kebanyakan mawar mini memiliki bunga yang lebih kecil daripada mawar standar, tetapi memiliki jenis dan warna yang sama dengan mawar yang lebih besar. Meskipun ukurannya mungil, mawar mini sangat kuat. Mawar ini lebih tahan musim dingin daripada kebanyakan mawar dan cenderung berbunga berulang kali, sehingga mudah tumbuh.

Mawar mini yang ditanam di musim semi tumbuh cukup cepat hingga tinggi dewasa 1 hingga 2 kaki dan cocok untuk pembatas taman. Tanaman tahunan yang harum dan tidak berduri ini juga sangat bagus sebagai tanaman spesimen dalam wadah, baik di dalam atau luar ruangan. Mawar mini akan membutuhkan perawatan ekstra selama musim dingin di daerah yang lebih dingin, meskipun strukturnya kuat.

Perawatan Mawar Miniatur

Berikut merupakan tips perawatan utama untuk menanam mawar mini:

  • Tanam mawar mini di musim semi menggunakan tanah yang kaya dan memiliki drainase baik, dan tutupi dengan lapisan mulsa.
  • Tempatkan mawar mini di bawah sinar matahari penuh, dengan setidaknya enam hingga delapan jam sinar matahari setiap hari.
  • Tanam di tanah kebun yang kaya nutrisi, atau jika menanam di pot teras, belilah kantong tanah pot yang ringan.
  • Siram mawar mini Anda dengan air 1 inci per minggu, secara umum. Kebutuhan penyiraman akan bervariasi tergantung pada tanah dan cuaca.
  • Simpan mawar mini Anda di suhu sedang sekitar 21 derajat Celcius; mawar mini tidak dapat bertahan pada suhu dingin di bawah 0 derajat Celcius.
  • Berikan pupuk pada mawar mini secara teratur

Penanaman

Seperti mawar ukuran penuh, varietas mini paling baik ditanam di musim semi. Di mana pun Anda menanamnya, keluarkan tanaman mawar dari pot dengan hati-hati dan kendurkan akarnya dengan lembut sebagai langkah pertama dalam rutinitas perawatan mawar musim semi. Jika akar tanaman terikat erat, gunakan pisau tajam untuk menggores sisi gumpalan akar dan cobalah mengendurkan akarnya.

  • Tanam Mawar Mini di Dalam Ruangan: Letakkan semak mawar di tengah pot yang terisi tanah sebagian, tutupi dengan tanah lagi, dan tepuk-tepuk dengan lembut. Letakkan di lokasi yang menerima sinar matahari enam hingga delapan jam sehari.
  • Tanam Mawar Mini di Luar Ruangan dalam Pot: Saat menanam mawar dalam pot, isi pot sekitar 2/3 penuh dengan campuran tanah yang sudah disiapkan. Letakkan mawar di dalam pot, isi sekeliling tanaman dengan tanah pot, dan tekan dengan kuat di sekeliling akar.
  • Tanam Mawar Mini di Taman: Gali lubang sedalam pot pembibitan tempat mawar mini berasal dan sekitar satu kaki lebih lebar. Tambahkan mulsa untuk melindungi akar dari dingin dan mempertahankan kelembapan.

Cahaya

Seperti semua mawar, varietas mini tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh. Meskipun mereka dapat mentoleransi sedikit naungan, sering kali dedaunan dan bunga mereka akan jarang dalam kondisi teduh. Setidaknya enam hingga delapan jam sinar matahari setiap hari akan menghasilkan ketahanan penyakit terbaik dan semak yang paling penuh dan berbunga lebat.

Tanah

Mawar lebih menyukai tanah yang kaya, dikeringkan dengan baik, dan liat. Namun, jika Anda menanam mawar mini dalam wadah teras, belilah kantong tanah pot karena tanah kebun yang digali terlalu berat untuk pot dan dapat mencekik akar. Tanah pot yang ringan dan kaya nutrisi memiliki drainase yang baik dan membantu tanaman menghindari pembusukan akar.

Air

Siram mawar mini dalam-dalam dengan 1 inci air per minggu untuk mendorong perkembangan akar yang baik. Arahkan selang Anda ke pangkal tanaman untuk menghindari penyemprotan langsung pada bunga-bunga yang halus. Mawar mini mungkin memerlukan penyiraman lebih sering selama cuaca panas ekstrem dibandingkan dengan mawar berukuran penuh karena akarnya yang lebih kecil.

Suhu dan Kelembaban

Mawar mini tumbuh dengan baik pada suhu sedang sekitar 30 derajat Celsius. Jika Anda memperkirakan suhu akan turun, tanamlah semak yang ditanam dalam pot di dalam ruangan. Untuk berhasil menanam mawar mini di dalam ruangan, diperlukan cahaya tambahan dan kelembapan sedang.

Pupuk

Mawar membutuhkan banyak nutrisi dan mawar mini memerlukan pemupukan karena mekar sepanjang musim. Gunakan pupuk mawar komersial atau pupuk serbaguna umum, yang diaplikasikan sesuai petunjuk pada label.

Untuk menjaga tanaman Anda tetap sehat, beri nutrisi saat semak pertama kali mengeluarkan daun dan sekali lagi setelah setiap bunga mekar lebat. Hentikan pemberian pupuk pada mawar sekitar enam hingga delapan minggu sebelum musim dingin pertama yang diperkirakan terjadi untuk mencegah pertumbuhan baru yang dapat mati selama musim dingin.