Bagikan:

YOGYAKARTA – Septic tank adalah bak yang dibuat untuk menampung limbah cair rumah tangga, bisa berupa air kotor atau kotoran lain. Bak septic tank biasanya tertanam di dalam tanah. Karena dibuat secara permanen, isi bak bisa terisi penuh dalam waktu cepat jika tak memperhatikan ukurannya. Untuk menghindari hal tersebut sangat dianjurkan untuk memperhatikan desain septic tank  anti penuh.

Pembuatan desain septic tank agar tak mudah penuh memperhatikan banyak hal, salah satu yang utama adalah kedalamannya. Berikut ini aturan kedalaman yang perlu diperhatikan dalam membuat bak tampung limbah cair rumah tangga.

Kedalaman Septic Tank yang Ideal

Perlu diketahui bahwa dalam pembuatan bak septic tank yang ideal banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari kedalaman hingga desain. Keduanya tertera dalam Standar Nasional Indonesia (SNI) 2398:2017 tentang Tata Cara Perencanaan Tangki Septik dengan Pengolahan Lanjutan. Standarisasi tersebut diharapkan mampu menjadi patokan bagi masyarakat dalam pembuatan bak tampung limbah cair rumah tangga.

Ukuran septic tank secara umum harus memenuhi standar dengan lebar minimal 0,75 meter, panjang minimal 1,5 meter. Sedangkan kedalaman septic tank idealnya minimal 1,5 meter. Namun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan kedalaman septic tank yakni sebagai berikut.

  • Jumlah Penghuni Rumah

Pertimbangkan dulu jumlah penghuni rumah. Makin banyak jumlah penghuni rumah maka seharusnya makin dalam pula septic tank yang harus digali.

  • Jenis Pencampuran Penampungan

Perhatikan pula bagaimana septic tank akan menampung limbah. Seperti diketahui, limbah rumah tangga terdiri dari dua jenis yakni limbah air kotor seperti sisa air cucian dan sebagainya, dengan limbah penghuni rumah seperti tinja dan air urine.

Penampungan limbah sendiri bisa dibagi menjadi dua yakni septic tank jenis tercampur atau septic tank jenis terpisah. Pada jenis tercampur berarti limbah rumah tangga akan dicampur dan ditampung dalam satu bak penampungan. Sedangkan pada jenis terpisah maka akan ada dua bak penampungan sesuai peruntukkan yakni untuk menampung air kotor dan kotoran penghuni rumah secara terpisah.

Ukuran Setptic Tank Berdasarkan Jumlah Penghuni Rumah

Ukuran bak limbah cair rumah tangga mencakup panjang, lebar, dan tinggi (kedalaman). Tiap ukuran harus disesuaikan dengan jumlah penghuni rumah serta jenisnya. Berikut ini aturan septic tank jenis tercampur dengan durasi pengurasan per 3 tahun.

  • Jumlah penghuni rumah 5 orang

Ukuran yang disarankan adalah panjang 1,6 meter, lebar 0,8 meter, dan kedalaman 1,6 meter.

  • Jumlah penghuni rumah 10 orang

Ukuran yang disarankan adalah panjang 2,1 meter, lebar 1,0 meter, dan kedalaman 1,8 meter.

  • Jumlah penghuni rumah 15 orang

Ukuran yang disarankan adalah panjang 2,5 meter, lebar 1,3 meter, dan kedalaman 1,8 meter.

  • Jumlah penghuni rumah 20 orang

Ukuran yang disarankan adalah panjang 2,8 meter, lebar 1,4 meter, dan kedalaman 2 meter

  • Jumlah penghuni rumah 50 orang

Ukuran yang disarankan adalah panjang 4,4 meter, lebar 2,2 meter, dan kedalaman 2 meter

Dengan periode pengurasan yang sama yakni 3 tahun, berikut ini ukuran septic tank berdasarkan jenis terpisah sesuai dengan jumlah penghuni rumah.

  • Jumlah penghuni rumah 10 orang

Ukuran yang disarankan adalah panjang 1,6 meter, lebar 0,8 meter, dan kedalaman 1,3 meter.

  • Jumlah penghuni rumah 15 orang

Ukuran yang disarankan adalah panjang 1,8 meter, lebar 1,0 meter, dan kedalaman 1,4 meter.

  • Jumlah penghuni rumah 20 orang

Ukuran yang disarankan adalah panjang 2,1 meter, lebar 1,0 meter, dan kedalaman 1,4 meter

  • Jumlah penghuni rumah 50 orang

Ukuran yang disarankan adalah panjang 3,2 meter, lebar 1,6 meter, dan kedalaman 1,7 meter

Itulah informasi terkait desain septic tank anti penuh. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.