Bagikan:

JAKARTA - 487 nama baru diundang menjadi anggota member The Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Jika mereka menerima undangan tersebut, mereka memenuhi syarat untuk memberi dukungan kepada nominasi Oscar ke-97 pada tahun 2025.

Tahun ini, 44% seniman wanita dimasukkan ke dalam daftar undangan, mulai dari aktor, desainer kostum, sutradara, hingga penata rias. Tahun 2023, anggota AMPAS berjumlah 10.817 orang dengan 9.934 orang yang memenuhi syarat untuk memberi dukungan.

Beberapa nominator di tahun lalu seperti aktris Da’Vine Joy Fandolph hingga Lily Gladstone mendapat undangan. Begitu juga sutradara seperti Emma Seligman dan Celine Song serta Justine Triet yang mendapat kesempatan.

Pada sektor Korea, tahun ini The Academy mengundang aktor Kang Dong Won dan Yoo Teo untuk bergabung. Yoo Teo yang mencuri perhatian dengan Past Lives berbeda dengan Kang Dong Won yang belum pernah memiliki nominasi.

Pada tahun 2023, The Academy mengundang 398 member baru termasuk Ke Huy Quan, Austin Butler, Taylor Swift dan lainnya.

“Kami dengan bangga menyambut member baru The Academy tahun ini. Para profesional dan seniman dari seluruh dunia membuat dampak signifikan bagi komunitas pembuatan film kami,” kata Janet Yang selaku Presiden The Academy.

Para aktor yang diundang adalah Jessica Alba, Erika Alexander, Swann Arlaud, Shabana Azmi, Obba Babatunde, Saleh Bakri, Stephanie Beatriz, Danielle Brooks, Tia Carrere, Sergio Castellitto, Alfredo Castro, Jason Clarke, Kate Del Castillo, Kang Dong-won, Lily Gladstone, Rachel House, Sandra Hüller, Maeve Jinkings, Greta Lee, Kate Mara, Dash Mihok, Catherine O’Hara, Da’Vine Joy Randolph, Fiona Shaw, Qi Shu, D.B. Sweeney, Jasmine Trinca, Koji Yakusho, Yoo Teo.

Di barisan sutradara terdiri dari Fede Álvarez, Kyle Patrick Alvarez, Lila Avilés, Jamie Babbit, Minhal Baig, Bahrām Beyzaie, Jayro Bustamente, Steven Caple Jr., Ayoka Chenzira, Justin Chon, Rima Das, JD Dillard, Alice Diop, Sally El Hosaini, Leslie Harris, Cord Jefferson, S.S. Rajamouli, Boots Riley, Alex Rivera, A.V. Rockwell, Emma Seligman, Celine Song, Angel Manuel Soto, Justine Triet, Anand Kumar Tucker, David Yates, dan Susan Youssef.

Selain aktor dan sutradara, The Academy juga mengundang casting director, penulis, sinematografer, desainer kostum, dokumenter, pihak eksekutif, editor film, penata rias, pihak humas, penata musik, produser, desain produksi.

Tidak hanya film feature, para pelaku film animasi juga diundang untuk bergabung, di antaranya Dan Abraham, Abigail Addison, Michael Andrews, Samuel Caron dan masih banyak lainnya.

Nantinya mereka bisa memberi suara kepada calon nominasi Oscar ke-97 yang akan diselenggarakan pada tahun 2025.