Bagikan:

JAKARTA - Selebritas Fadlan Muhammad belum lama ini memperlihatkan momen ketika ia sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit melalui instagram pribadinya.

Setelah kurang lebih 11 hari dirawat, Fadlan akhirnya diizinkan pulang dan memulai aktivitasnya kembali. Kini ia mencoba menceritakan terkait kondisi kesehatannya pada saat itu.

Fadlan mengatakan bahwa ia merupakan pengidap autoimune yang membuatnya terpaksa mengkonsumsi obat penghalang rasa sakit selama dua tahun.

Karena obat ini tak jarang Fadlan merasakan sakit yang luar biasa karena penyumbatan akibat batu ginjal yang membuat tubuhnya menggigil.

"Sakit banget nggak bisa gerak, menggigil segala macam. Ternyata batu menyumbat udah ada tiga, ukurannya besar-besar makanya sampai menggigil," ungkap Fadlan Muhammad saat di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa, 18 Juni.

Melihat hal ini, dokter yang menangani Fadlan menuturkan kalau ia harus segera dioperasi karena kondisi tubuhnya juga yang sudah mulai menguning akibat keracunan.

"Kata dokter, ini nggak bisa didiemin, harus segera dioperasi karena badan sudah kuning, sudah keracunan semua," tuturnya.

Pasca menjalani operasi, Fadlan disarankan oleh dokter untuk menjaga makanan yang ia konsumsi. Ia tidak diperbolehkan lagi memakan daging dan hanya boleh sayur-sayuran yang direbus.

"Kalau (makanan) bakar-bakar belum (boleh), masih disimpan. Saya nggak boleh makan daging-daging lagi, sapi, kambing, ikan, ayam. Sayur harus rebus, nggak boleh ada kolesterol atau lemak sama sekali," pungkasnya.