Hal-hal yang Sebaiknya Tidak Dijadikan Alasan untuk Menikah
Ilustrasi (Deesha Chandra/pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Menikah adalah hal yang sakral, indah, dan berkaitan dengan komitmen serta tanggung jawab sampai maut memisahkan. Menikah adalah hal yang berat, untuk itu tak bisa sembarang untuk bisa sampai di titik tersebut. 

Ada berbagai proses yang harus dilewati pasangan agar sama-sama yakin untuk melangkah ke pelaminan dan hidup bersama selamanya. 

Namun, kadang keinginan menikah ini juga tidak tepat. Anda harus mengenali kalau empat hal berikut ini tidak bisa dijadikan alasan untuk menikah. Apa saja?

Faktor usia 

Ada wanita berusia 25 tahun sudah ingin menikah karena merasa usianya sudah pas. Di lain tempat, wanita yang umurnya sudah 35 tahun merasa harus segera menikah karena sudah ketuaan. Padahal tidak ada aturan resmi tentang batasan usia harus menikah. Kalau Anda ingin menikah karena faktor usia, biasanya akan lebih sembarangan dalam memilih pasangan hidup. Jangan sampai menyesal di kemudian hari gara-gara hal ini! 

Agar bahagia 

Anda merasa hidup begitu merana dan menyedihkan, lalu kepikiran untuk menikah biar bahagia? Salah total! Bisa menikah dengan orang yang Anda sayangi itu memang bikin bahagia, tetapi kehidupan pernikahan itu beragam, bisa sedih, senang, susah, penuh drama, bisa juga bahagia. 

Kalau memang Anda ingin merasakan kebahagiaan, sebenarnya jawabannya bukan menikah, tapi belajar mengenali diri sendiri, berdamai dengan diri sendiri, mencintai diri sendiri, mensyukuri hidup, tidak membandingkan diri dengan orang lain, dan intinya ciptakan kebahagiaan itu sendiri. 

Lelah bekerja 

Banyak wanita sering bergurau bahwa ingin menikah karena sudah lelah bekerja. Inginnya santai di rumah setiap hari, menunggu suami pulang kerja, nonton film seharian, dan leyeh-leyeh tapi keuangan tetap aman. Jika Anda pernah terpikir hal serupa, mungkin saat itu cuma lelah terlalu banyak bekerja. Lagipula, apakah Anda bisa bertahan lama dengan pasangan kalau sejak awal tujuannya hanya untuk uang? 

Karena semua orang terdekat sudah menikah

Teman, sahabat, sepupu, keponakan, teman kantor, teman kecil, anak tetangga semua sudah menikah dan Anda belum? Sebaiknya ini tidak dijadikan alasan untuk ingin segera menikah. Sebab Anda mungkin saja belum menemukan pasangan yang tepat dan sebaiknya pun tidak memaksakan diri bersama orang yang Anda sendiri belum yakin.