Bagikan:

YOGYAKARTA - Raudhah merupakan salah satu tempat istimewa di dalam Masjid Nabawi yang menjadi tujuan kunjungan banyak orang. Berbodong-bondong jemaah haji maupun umroh biasanya memasuki area ini untuk beribadah. Raudhah diyakini sebagai tempat mustajab untuk memanjatkan doa. 

Namun untuk masuk ke Raudhah tak bisa dilakukan secara sembarangan. Perlu surat izin khusus (tasreh) atau masuk menggunakan aplikasi Nusuk (Eatmarna). Banyak jemaah haji dan umroh dari Indonesia yang bertanya-tanya bagaimana cara masuk ke Raudhah dan persyaratannya. 

Cara Masuk ke Raudhah

Otoritas pengurus Masjid Nabawi dan pemangku kepentingan terkait telah memberlakukan aturan baru untuk kunjungan Al Rawda Al Sharifa (Raudhah). Dalam penetapan mekanisme ini, jemaah mulai diwajibkan menscan barcode di gerbang pintu otomatis Raudhah. 

Prosedur masuk ke Raudhah sudah harus dilakukan lewat aplikasi Nusuk. Melalui aplikasi ini juga jemaah bakal diberikan informasi tata cara melakukan kunjungan ke Raudhah. Saat berhasil reservasi dari aplikasi Nusuk, jemaah akan mendapat pesan konfirmasi kunjungan. Selain itu, jemaah juga akan diingatkan kembali terkait jadwal kunjungannya di waktu sehari sebelum tanggalnya. 

Dari aplikasi Nusuk, jemaah diminta melakukan konfirmasi atau pembatalan jika tidak jadi menjalani kunjungan. Jadi jemaah tidak bisa memakai barcode yang tersedia tersebut sebelum waktu kunjungan yang sudah ditetapkan sebelumnya. 

Ketika di hari dan waktu kunjungan yang sudah ditentukan, jemaah akan diarahkan menuju pintu masuk Raudhah lewat jalur yang terstandar dan tertata hingga ke tempat salat. Jemaah dihimbau untuk memahami dan mengingat informasi mengenai tata cara kunjungan ke Raudhah supaya tidak salah jalur atau waktu kunjungan. 

Cara Menggunakan Aplikasi Nusuk

Jemaah haji dan umroh perlu menginstal aplikasi Nusuk terlebih dahulu sebelum datang ke Masjid Nabawi untuk masuk Raudhah. Anda harus melakukan pendaftaran atau registrasi dulu melalui aplikasi ini. Berikut ini cara download dan instal aplikasi Nusuk:

  1. Unduh aplikasi “Nusuk (Eatmarna Previously)” yang tersedia di PlayStore atau AppStore
  2. Setelah terinstal di ponsel Anda, masuk ke dalam aplikasinya
  3. Atur bahasa untuk aplikasinya dengan memilih Bahasa Inggris
  4. Kemudian pilih “New User”, lalu pilih “Visitor”
  5. Silakan mengisi data diri, mulai dari nomor visa, nomor paspor, tanggal lahir, nomor telepon, kebangsaan, e-mail, dan password
  6. Selanjutnya masukkan kode verifikasi OTP 4 digit yang masuk ke e-mail
  7. Jika sudah berhasil login ke aplikasi Nusuk, kemudian pilihlah bagian “Prophet’s Mosque Services”
  8. Pilih registrasi “Praying in Noble Rawda – Men/Women” 
  9. Lalu tentukan tanggal dan jam/waktu kunjungan yang diinginkan
  10. Kemudian pilih “Issuing Permit” dan akan ditampilkan QR code
  11. Anda tinggal datang di hari H kunjungan sesuai pintu masuk dan jadwal yang ditentukan.

Prosedur Kunjungan ke Raudhah

Berikut ini panduan masuk ke Raudhah bagi jemaah haji dan umroh yang sudah melakukan registrasi dan menentukan jadwal kunjungan melalui aplikasi Nusuk:

  1. Jemaah yang tiba di halaman Masjid Nabawi akan diarahkan ke layar panduan menuju pintu masuk yang sudah tertera dalam informasi kunjungan di aplikasi
  2. Kemudian jemaah akan diterima oleh petugas Masjid Nabawi, serta dipandu untuk menjalani tahapan masuk Raudhah
  3. Sebelum tiba di Raudhah, jemaah wajib memindai atau scan barcode di gerbang otomatis
  4. Jemaah diarahkan untuk kembali ke ruang tunggu dan bergabung dengan kelompok jemaah yang akan kunjungan
  5. Jika jemaah gagal masuk lewat scan barcode lantaran izin masuk sudah tidak aktif, maka akan diminta kembali ke tempat yang sudah ditentukan
  6. Setelah waktu kunjungan berakhir, jemaah diarahkan berjalan ke pintu keluar yang telah ditentukan

Fasilitas di Raudhah

Otoritas perawatan Masjid Nabawi juga menyiapkan sejumlah fasilitas di area Raudhah. Fasilitas ini disediakan guna melayani jemaah umroh dan haji yang melakukan kunjungan. Berikut ini beberapa fasilitas yang terdapat di Raudhah:

  • Jalur khusus bagi jemaah berkebutuhan khusus, sesuai dengan kapasitas Raudhah
  • Layar LED yang menampilkan berbagai bahasa
  • Ruang tunggu yang dibuat mendukung kenyamanan jemaah
  • Kamera dan sensor untuk melacak pola pergerakan masuk dan keluarnya jemaah
  • Manajemen kerumunan dengan memanfaatkan sistem digital yang terkoordinasi

Demikianlah cara masuk ke Raudhah dan persyaratannya sebagaimana diberlakukah oleh otoritas Masjid Nabawi. Jadi jika jemaah haji dan umroh ingin melakukan kunjungan ke Raudhah maka perlu registrasi dan menentukan jadwal kunjungnya terlebih dahulu melalui aplikasi Nusuk. Baca juga cara unduh sertifikat haji

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.