5 Menu Sarapan untuk Kesehatan Otak, Justru Bukan Nasi
Menu makanan untuk kesehatan otak (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sarapan tidak hanya memberikan sumber energi bagi tubuh, namun juga berperan penting bagi kesehatan otak. Asupan nutrisi dibutuhkan oleh otak untuk bisa fokus dan berpikir dengan baik. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih menu sarapan yang bergizi. 

Selama ini menu sarapan identik dengan nasi, sereal, roti, dan sebagainya. Namun di samping itu, ternyata ada menu makanan lainnya yang justru bermanfaat lebih baik bagi kesehatan otak. Makanan seperti nasi dan sereal memang mengandung gulan dan karbohidrat tinggi, namun berisiko meningkatkan kadar gula darah. 

Pilihan sarapan yang tepat bisa mendorong kinerja otak untuk siap menghadapi aktivitas sehari-hari. Lantas apa saja menu sarapan untuk kesehatan otak yang bisa dijadikan santapan di pagi hari?

Menu Sarapan untuk Kesehatan Otak

Saparan di pagi hari tak boleh dilewatkan sebab menjadi pengisi energi untuk bersiap menjalani hari. Tidak hanya menunjang stamina tubuh, namun makan di saat pagi juga membantu menyiapkan kinerja otak Anda. 

Itulah mengapa Anda harus memilih makanan bergizi atau kaya nutrisi untuk menu sarapan. Berikut ini beberapa menu sarapan yang direkomendasikan untuk kesehatan otak agar berpikir tajam dan memiliki fokus tinggi:

Telur

Siapa yang menyukai telur sebagai makanan untuk sarapan? Ternyata makanan favorit banyak orang ini bukan hanya lezat, tetapi juga merupakan sumber nutrisi yang baik bagi otak. 

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh American Society for Clinical Nutrition pada tahun 2011, telur mengandung protein dan kolin yang kaya. Kedua nutrisi ini dikenal berperan baik untuk menjaga dan meningkatkan kecerdasan. Telur dapat disajikan dengan berbagai cara, seperti digoreng, direbus, atau dijadikan orak-arik.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga mengandung banyak nutrisi bermanfaat, seperti lutein, folat, beta-karoten, dan masih banyak lagi. Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Neurology pada tahun 2018, nutrisi yang terdapat dalam sayuran hijau bermanfaat untuk memperlambat penurunan kognitif pada orang lanjut usia.

Mengingatkan manfaatnya yang baik untuk kelompok lanjut usia, sayuran hijau bisa menjadi pilihan menu makanan sehari-hari. Anda bisa mengolah berbagai variasi menu untuk sarapan pagi, mulai dari sayuran bayam, sawi, kangkung, dan lainnya.

Ikan

Makanan yang satu ini sudah terkenal sebagai asupan yang baik bagi kinerja otak. Salah satu jenis ikan yang memiliki manfaat penting bagi kesehatan otak adalah ikan salmon. Ikan ini menyimpan kandungan protein dan omega-3. 

Menurut studi yang dilakukan oleh American Institute of Nutrition pada tahun 2007, omega-3 terbukti dapat meningkatkan kecerdasan kognitif. Ikan salmon juga direkomendasikan sebagai menu sarapan untuk anak-anak karena mengandung nutrisi yang berperan penting dalam perkembangan otak mereka.

Tahu Orak-Arik

Ada lagi pilihan menu sarapan yang bisa mendukung kesehatan otak, yaitu tahu orak-arik. Jika selama ini Anda hanya menyajikan tahu sebagai lauk biasa, cobalah untuk mengolahnya dalam bentuk orak-arik. Makanan ini tidak hanya kaya protein, namun juga mengandung triptofan dan isoflavon yang dapat membantu mengurangi gejala depresi.

Buah Beri

Bagi Anda yang tidak terbiasa dengan sarapan yang berat, buah beri dapat menjadi pilihan yang tepat sebelum memulai hari. Buah beri merupakan sumber serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dikenal sebagai flavonol. Nutrisi yang beragam dalam buah beri ini memiliki efek positif dalam meningkatkan fungsi otak.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Neural Regeneration pada tahun 2014, blueberry terbukti bermanfaat untuk meningkatkan memori dan fokus. Anda dapat mengonsumsi buah ini langsung atau mengolahnya menjadi smoothie.

Demikianlah ulasan mengenai rekomendasi menu sarapan untuk kesehatan otak yang bisa Anda jadikan pilihan. Bahan makanan di atas bisa Anda dapatkan secara mudah di supermarket maupun pasar tradisional. Dari sejumlah menu di atas, mana makanan yang Anda gemari? Baca juga protein hewani untuk bayi 8 bulan

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.