Apa yang Perlu Dilakukan Jika Kehilangan Rasa Tertarik pada Pasangan?
Ilustrasi (Rodnae Production/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tahap awal hubungan biasanya ditandai dengan ketertarikan dan chemistry yang menyatukan pasangan. Namun seiring berjalannya waktu, wajar jika rasa ketertarikan berubah atau memudar. Jika akhir-akhir ini Anda merasa kehilangan ketertarikan pada pasangan, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang perlu dilakukan untuk mengembalikan rasa tersebut. 

Artikel ini akan membahas beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menumbuhkan lagi ketertarikan yang mulai memudar, dilansir dari Very Well Mind, Selasa, 16 April. 

Cobalah untuk mencari tahu penyebabnya

Cobalah memahami asal muasal atau penyebab di balik hilangnya rasa tertarik. Ingat, penyebabnya bisa jadi secara fisik atau emosional. Cobalah mengidentifikasi apa yang menyebabkan perasaan ini pertama kali dan perhatikan apa yang memicunya saat Anda bersama pasangan, sehingga Anda dapat mengatasinya jika memungkinkan. Alternatifnya, pikirkan apa yang awalnya membuat Anda tertarik pada pasangan dan pertimbangkan apa yang berubah. Merefleksikan apa yang diinginkan dan dibutuhkan dari pasangan yang selama ini belum Anda dapatkan bisa sangat membantu dalam hal ini. 

Berkomunikasi dengan pasangan Anda

Setelah Anda memahami apa yang salah atau hilang, buka komunikasi dengan pasangan tentang masalah tersebut dan potensi penyebab yang telah Anda identifikasi. Cobalah mendiskusikannya dengan pasangan Anda melalui pendekatan yang berfokus pada solusi. Penting melakukan percakapan ini dengan penuh hormat, tanpa mengkritik atau menyalahkan pasangan, tetapi dengan mengungkapkan perasaan Anda dan menanyakan apa yang Anda inginkan secara langsung.

Berlatihlah mendengarkan secara aktif

Selama berdiskusi dengan pasangan, usahakan untuk mendengarkan pendapatnya juga. Misal, mereka mungkin merasa bahwa usaha mereka sering kali tidak membuahkan hasil, sehingga mereka berhenti berusaha. Selain menanyakan apa yang Anda inginkan, penting juga untuk menanyakan apa yang mereka butuhkan dari Anda.

Berusahalah untuk menjalin hubungan

Jika Anda menginginkan lebih banyak kesenangan, kegembiraan, atau romansa dalam hubungan, ambillah langkah-langkah aktif untuk menghadirkan elemen-elemen tersebut ke dalam hubungan. Ambillah langkah pertama dari diri Anda sendiri untuk memulai apa yang ingin Anda rasakan, daripada menunggu pasangan Anda memulainya.

Berlatihlah melakukannya atas dasar cinta dan perhatian, tanpa ekspektasi, kepahitan, atau kebencian yang tak terucapkan. Perhatikan bagaimana rasanya mengundang pasangan untuk bergabung dengan Anda dalam hal yang ingin Anda bagikan dengannya.

Prioritaskan waktu bersama

Prioritaskan menghabiskan waktu bersama pasangan, baik untuk melakukan hal-hal yang Anda berdua sukai, menemukan minat baru bersama, atau sekadar jalan-jalan bersama.

Fokus pada hal positif

Begitu pemikiran negatif muncul, hal itu dapat mengambil alih dan menyulitkan Anda untuk menghargai aspek positif dari pasangan dan hubungan Anda. Penting untuk mengubah pola ini dengan secara aktif berupaya mengenali kualitas positif pasangan Anda. Anda dapat mencoba membuat jurnal rasa syukur di mana Anda menuliskan satu hal yang dihargai tentang pasangan atau hubungan setiap hari.

Hindari perbandingan

Setiap dinamika hubungan itu unik. Daripada membandingkan hubungan Anda dengan orang lain, fokuslah pada apa yang membuat hubungan Anda istimewa.