Bagikan:

YOGYAKARTA – Tidak disukai orang lain, tentu penyebabnya berbeda-beda. Tetapi kalau Anda merasa nggak disukai oleh orang lain, bukan tanpa alasan. Bisa karena citra diri negatif, kebiasaan komunikasi yang buruk, atau mendapatkan perilaku tidak menyenangkan.

Sebelum menyimak penjelasan psikoterapis Kathy McCoy, Ph.D. mengenai alasan kenapa seseorang bisa merasa nggak disukai orang lain, penting dibahami bahwa tidak semua orang akan menyukai Anda. Jadi bukan mengubah diri menjadi orang yang menyenangkan semua orang, tetapi memperbaiki apa yang bisa diperbaiki dan tetap menjadi diri sendiri.

1. Menjaga jarak karena kenangan yang bervariasi

Saat reuni dengan teman-teman satu sekolah menengah, mungkin Anda merasa salah seorang teman Anda menjaga jarak. Bisa karena alasan tertentu mereka melakukannya. Salah satunya karena kenangan yang bervariasi. Artinya, Anda bisa melihat kembali kenangan saat masih sekolah dahulu. Apakah Anda pemalu dan memasang muka tak ramah sehingga orang lain menilai angkuh, atau karena ia tak menyukai Anda karena alasan lain. Yang pasti, setiap orang memiliki kenangan yang beragam dan mendorong sikapnya pada Anda saat ini.

alasan kenapa seseorang merasa tidak disukai
Ilustrasi alasan kenapa seseorang merasa tidak disukai (Freepik/stockking)

2. Mengeluarkan aura negatif untuk mengantisipasi penolakan

Jika Anda memendam perasaan negatif tentang diri sendiri, kata McCoy dilansir Psychology Today, Senin, 15 April, mungkin terasa sulit menjangkau orang lain. Saran McCoy, pikirkan tentang membuat beberapa perubahan positif.

Misalnya dengan terlibat dalam perawatan diri yang baik dan meyakinkan diri bahwa Anda berharga. Jelajahi pernyataan diri yang positif untuk melawan pernyataan diri yang negatif. Hal ini dapat membantu Anda memberikan kesan yang lebih positif dan menginspirasi tanggapan yang lebih ramah dari orang lain serta mencerahkan suasana hati Anda.

3. Sikap Anda mungkin tidak menyenangkan

Beberapa orang begitu ingin disukai tetapi tanpa sadar justru menjauhkan orang lain. Misalnya Anda memiliki gaya humor yang pedas, komentar sedikit keterlaluan, atau keterbukaan diri yang cepat. Ini mungkin membuat Anda tidak terlihat menyenangkan bagi orang lain. Saran McCoy, lakukan introspeksi diri.

Jika humor dan keterbukaan berlebihan membuat Anda dinilai tidak menyenangkan, carilah penyebab kenapa Anda bersikap begitu. Bisa jadi karena kecemasan sosial yang bisa diatasi dengan keyakinan positif dan mulai membangun hubungan dekat tanpa terburu-buru.

4. Gaya komunikasi Anda tidak dihargai

Apakah Anda cepat memberikan nasihat yang tidak diminta? Atau menyuarakan pendapat dan penilaian keras serta menggurui cerita orang lain? Kadang meremehkan, menyela orang lain saat bercerita, atau cenderung merendahkan pencapaian orang lain termasuk gaya komunikasi yang tidak menyenangkan. Ini bisa membuat orang lain berjarak dengan Anda. Mungkin ada menyimpan niat baik, tetapi cobalah lebih sabar dan menahan diri memberi nasihat yang tidak diminta.

5. Anda dan orang lain memiliki perbedaan perspektif

Karena perbedaan perspektif, seseorang bisa tidak menyukai seseorang yang lain. Bisa karena aliansi politik yang berbeda atau bertentangan terkait isu-isu kontroversial. Mungkin, hal ini karena banyak hal negatif tersorot daripada yang positif. Padahal, sikap yang positif justru membangun dialog dan hubungan lebih sehat.

Kelima alasan kenapa seseorang merasa tidak disukai di atas, bisa sebagai bahan instrospeksi. Namun Anda tidak perlu mengubah diri menjadi orang yang menyenangkan agar disukai. Justru sebaliknya, pesan McCoy, berusahalah menyukai diri sendiri dan percaya orang lain akan menyukai Anda sebagaimana adanya.