Apa Itu Menu Palate Cleansers? Hidangan Pencuci Mulut Ala Perancis
Ilustrasi palate cleansers (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Menu palate cleansers merupakan hidangan unik dari Eropa. Bagi penggemar kuliner khas negara Perancis mungkin sudah tidak asing dengan menu makanan ini. Palate cleansers merupakan istilah untuk makanan pembersih langit-langit mulut. 

Palate cleansers bisa dibilang sudah menjadi bagian penting dalam beberapa sajian masakan Perancis. Menu ini dihidangkan sebagai santapan sebelum menikmati makanan selanjutnya. Menu palate cleansers bisa ditemui ketika Anda datang ke restoran ala Perancis.

Makanan palate cleansers terasa unik bagi lidah orang Indonesia. Ketika baru pertama kali menyantap menu ini, mungkin Anda akan heran dengan cara penyajian dan sensasi rasanya. Lantas apa itu menu palate cleansers dan seperti apa bentuk makanannya?

Apa Itu Menu Palate Cleansers?

Menu palate cleansers merupakan makanan atau minuman yang dibuat khusus sebagai pembersih langit-langit mulut. Makanan ala negeri menara Eiffel ini disajikan untuk persiapan sebelum melahap menu berikutnya. 

Jadi palate cleansers dilumat setelah Anda menelan makanan dan akan menyantap hidangan selanjutnya. Menu ini memang disajikan untuk mempersiapkan mulut Anda sebelum melahap hidangan berikutnya. 

Palate cleansers dibuat untuk menghilangkan sisa rasa yang tertinggal di mulut setelah Anda menyantap sebuah makanan. Dengan begitu mulut Anda bisa kembali segar atau netral sebelum memakan menu selanjutnya. Itulah mengapa makanan ini disebut sebagai penetral mulut. 

Dengan mengonsumsi palate cleansers maka dapat merangsang atau menstimulasi selera makan. Menu ini juga berfungsi untuk menghindarkan dari masalah pencernaan. Orang Perancis menggunakan makanan ini sebagai obat pencernaan, sehingga bisa terhindar dari rasa mulas dan gangguan pencernaan lainnya. 

Kehadiran menu palate cleansers sangat penting untuk membuat pemakan bisa menikmati semua hidangan secara sempurna. Berbeda cara makan orang Indonesia kebanyakan ketika menyantap banyak makanan. Makanan awal yang ditelan akan meninggalkan sisa-sisa rasa di mulut, sehingga rasanya masih terbawa ketika melumat menu selanjutnya. 

Menu palate cleansers memberikan jeda sebentar ketika menyantap beberapa makanan. Misalnya setelah Anda meminum anggur, mulut perlu dinetralkan dulu sebelum mencicipi sajian selanjutnya. Jadi cita rasa dari beberapa makanan yang hendak dikonsumsi pun tidak akan menyatu. 

Menu Makanan Palate Cleansers

Menu palate cleansers ala negeri Perancis ini sudah diadopsi di banyak negara. Namun penyajian menu palate cleansers di setiap negara biasanya menggunakan bahan yang berbeda sesuai gastronomi masing-masing daerah. 

Palate cleansers biasanya dibuat dalam bentuk sorbet. Sorbet adalah jenis es krim yang terbuat dari buah beku (yang dihaluskan) dan diberi tambahan es. Meski termasuk es krim, namun makanan ini tidak cair melainkan berbentuk serbuk es. 

Sorbet yang dihidangkan sebagai palate cleansers harus memiliki rasa yang tajam. Menu sorbet justru tidak memberikan rasa manis. Kombinasi rasa dingin, kripsi, dan tajam inilah yang digunakan untuk menghilangkan rasa berminyak dan sensasi kuat dari makanan yang habis dilahap. 

Ketika memakan sorbet palate cleansers, rasa dari makanan sebelumnya yang awalnya menempel di mulut pun menjadi hilang. Untuk membuat menu palate cleansers, Anda bisa mencoba membuat sorbet jeruk nipis, sorbet mint, atau sorbet apel.

Selain sorbet, Anda juga bisa menggunakan beberapa makanan lain untuk dijadikan palate cleansers. Makanan lain yang juga memberikan efek penetral atau mampu membersihkan langit-langit mulut, yaitu keripik tortila, irisan buah dan sayuran mentah, daun peppermint, dan lainnya. 

Demikianlah ulasan apa itu menu palate cleansers sebagai menu cuci mulut asal negara Perancis. Menu ini cocok digunakan bagi Anda yang gemar mengonsumsi banyak jenis makanan dalam satu waktu sekaligus. Dengan menyantap menu ini, mulut Anda bisa menikmati bermacam hidangan dengan rasa yang sempurna. Baca juga 5 kuliner khas Korea yang sering ditampilkan di drakor

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.