Arti Robbighfirli Warhamni Watub Alayya, Dzikir Taubat dan Cara Mengamalkannya
Ilustrasi mohon ampun (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu amalan ibadah yang disarankan untuk dilakukan di bulan Rajab tidak hanya membaca namun mengetahui arti Robbighfirli Warhamni Watub Alayya. Bacaan tersebut dibaca dalam rangkaian taubat atas perbuatan dosa yang pernah dilakukan di masa lalu.

Arti Robbighfirli Warhamni Watub Alayya

Dikutip dari situs NU Online, di bulan Rajab ada banyak amalan yang dianjurkan oleh para ulama salah satunya adalah memohon ampunan kepada Allah SWT. Bacaan Robbighfirli Warhamni Watub Alayya sendiri adalah bacaan istighfar di bulan Rajab yang artinya adalah sebagai berikut.

Tuhanku, ampunilah aku, sayangilah aku, dan terimalah taubatku.

Disarankan untuk membaca bacaan tersebut sebanyak 70x dan dibaca tiap pagi dan sore saat bulan Rajab.

Dalam kitab Al-Jami' karya Imam Suyuti menjelaskan bahwa ada riwayat dari Ibnu Asakir dari Abi Umamah bahwa Wahab bin Munabbih yakni sebagai berikut.

"Aku membaca dalam kitab Allah yang diturunkan sebelum Al-Quran bertuliskan bahwa barang siapa beristighfar di bulan Rajab di pagi dan sore hari dengan mengangkat kedua tangannya seraya berkata, 'Rabbighfirlii warhamnii watub 'alayya' 70 kali, maka kulitnya tidak akan disentuh oleh api neraka."

Cara Mengamalkan Robbighfirli Warhamni Watub Alayya

Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf lewat video yang diunggah di kanal YouTube pribadinya menjelaskan bahwa bulan Rajab adalah bulan yang mulia. Seluruh ibadah akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT.

“Oleh karena itu, bulan Rajab ini dikatakan sebagai bulan istighfar, bulan ampunan, bulan di mana Allah mengobral ampunan bagi siapapun yang memohon ampun,” ujar Habib Syech.

Di bulan Rajab masyarakat diajak untuk banyak-banyak baca bacaan istighfar tanpa meninggalkan amalan lainnya.

“Jadi kita sudah mengamalkan semua amalan kewajiban, semua amalan yang rutin ditambah dengan membaca istighfar setiap bakda Maghrib dan bakda Subuh,” jelas Habib Syech.

Salah satu amalan yang dianjurkan oleh pengasuh Majelis Ahbaabul Musthofa itu adalah membaca istighfar Rajab sebanyak 70 kali. Ia juga mewanti-wanti untuk benar-benar memanfaatkan momen Rajab dengan baik.

“Di bulan Rajab ini jangan sampai ada yang tidak mendapat ampunan dari Allah. Karena Allah telah mengatakan bahwa bulan Rajab ini termasuk ke dalam bulan yang dimuliakan. Kata Rasulullah, bulan Rajab adalah bulan Istighfar. Jadi istighfarnya itu diperbanyak,” ujarnya.

Amalan di Bulan Rajab

Selain memperbanyak istighfar, umat Islam dianjurkan untuk melakukan amalan lain. Berikut ini daftar amalan bulan Rajab yang bisa dilakukan di rumah.

  • Salat Sunah

Di bulan Rajab umat Islam juga disarankan salat Sunah sebanyak-banyaknya. Beberapa salat yang bisa dilakukan adalah seperti sholat dhuha, sunnah rawatib, dan sebagainya.

  • Puasa Sunnah

Jika memungkinkan disarankan untuk melakukan puasa Sunnah di bulan Rajab. Beberapa contoh puasa sunnah yang bisa dilakukan seperti puasa Senin-Kamis.

  • Sedekah

Bulan Rajab juga jadi waktu yang baik untuk melakukan sedekah kepada orang miskin atau yang membutuhkan. Pahala sedekah bulan Rajab akan dilipatgandakan.

Selain terkait arti Robbighfirli Warhamni Watub Alayya, kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.