10 Tahun Menikah, Dude Harlino Masih Kesulitan Pahami Perasaan Alyssa Soebandono
Dude Harlino dan Alyssa Soebandono (Instagram @dude2harlino)

Bagikan:

JAKARTA - Pasangan Dude Harlino dan Alyssa Soebandono akan memasuki usai pernikahan ke10 tahun. Melihat hal ini, Dude mengaku kalau 10 tahun bukan sebuah perjalanan yang mudah baginya dan Icha, panggilan akrab Alyssa Soebandono.

Pasalnya, hingga kini mereka masih terus saling menyeimbangkan satu sama lain sebagai sepasang suami istri. Bukan hanya itu, mereka juga merasa masih harus terus belajar menjadi suami-istri dan orangtua bagi kedua putra mereka.

"Tanggal 22 Maret ya. Ternyata nggak berasa ya usia pernikahan itu sudah cukup banyak ya intinya saya sama Icha lebih banyak bersyukur lah," kata Dude Harlino di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu, 9 Maret.

"Karena menjalani rumah tangga kan bukan hal yang mudah ya ada hal yang perlu banyak yang perlu diseimbangkan, di adjust satu sama lain, dikompromikan, dikomunikasikan, ya kita sampai ke sekian ini, sampai tahun ini masih banyak belajar masing-masing, terutama jadi orangtua kemudian jadi suami yang baik, jadi istri yang baik itu masih banyak belajar lah," sambungnya.

Oleh karena itu, ia merasa selama menjalani rumah tangga ia seakan terus menerus mendapatkan ilmu baru setiap harinya. Salah satunya terkait dengan komunikasi terkait perasaan sendiri.

Meski sudah 10 tahun bersama, terkadang Dude masih sulit memahami perasaan Icha. Namun, hal ini sudah diantisipasi olehnya sejak awal menikah dengan istrinya tersebut.

"Wah, yang jelas ya selama sampai tahun ini sih saya merasanya semakin banyak ilmu-ilmu baru ya yang kita pelajari, itu terutama sekali kata kunci komunikasi suami istri itu pentingnya luar biasa. Jadi kadang suami gak bisa menembak isi hati istri kalau ditanya kamu kenapa? Jawabannya aku gapapa. Nggak apa-apanya itu kan definisinya kan panjang ya?," ujarnya.

"Makanya saya selalu bilang sejak awal pernikahan sama Icha, kadang laki-laki itu nggak bisa mencerna apa yang dalam isi hati, makanya perlu komunikasi dan keterbukaan yang jelas ya alhamdulillah dari tahun ke tahun kita banyak belajar masing-masing sampai tahun sekarang ini ya alhamdulillah sih semakin mudah karena kita sudah saling memahami satu sama lain," pungkasnya.