Penyebab Anak Muda Menunda Pernikahan
Penyebab Anak Muda Menunda Pernikahan (Gambar Zhu Liang-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bicara soal pernikahan di Indonesia sedari dahulu sampai sekarang hal itu merupakan perdebatan yang tak kunjung usai. Apalagi kalai membahas soal menikah muda. Namun tahukah kalian saat ini banyak anak muda yang enggan untuk buru-buru menikah. Kira-kira penyebab anak muda menunda pernikahan itu apa? Yuk kita cari tahu bersama.

Bagi anak jaman now, beberapa orang menganggap usia 20 sampai 30 tahun adalah usia yang ideal untuk menjalin hubungan pernikahan. Namun juga ada yang beranggapan kalau menikah di usia yang masih muda jauh lebih baik.

Seiring dengan perkembangan zaman, di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak anak muda yang tak ingin buru-buru untuk menikah bahkan lebih memilih untuk melajang. Kira-kira apa alasannya?

Penyebab Anak Muda Menunda Pernikahan

1. Fokus Mengejar Karier dan Impian

Untuk alasan yang pertama ini memang jadi alasan banyak orang untuk menunda nikah. Hal itu dikarenakan pada saat kita menginjak usia 20 sampai 30 adalah puncak usia produktivitas pada manusia.

Umumnya di usia-usia segini masih banyak orang yang baru saja menuntaskan jenjang pendidikannya dan baru semangat-semangatnya untuk meniti karier. Tentu hal ini merupakan alasan yang cukup relevan bukan?

2. Pendidikan

Bicara soal pendidikan adalah modal utama seorang manusia untuk berkarir. Bahkan di dalam beberapa ajaran agama pun menganjurkan untuk mencari ilmu meskipun sudah tua. Alasan inilah yang membuat kebanyakan orang ingin untuk meraih jenjang pendidikan yang lebih tinggi sehingga menunda pernikahan.

Meskipun tak sedikit yang melanjutkan pendidikan setelah menikah, namun mengingat pendidikan bukanlah hal yang mudah dan juga murah, maka kebanyakan orang cenderung mendahulukan pendidikan terlebih dahulu.

3. Rasa Khawatir

Selain kedua sebab di atas, terdapat alasan lain yang membuat seorang menunda perkawinan. Ya, ada rasa takut, takut, serta khawatir yang menyelimuti diri mereka.

Tidak sedikit orang takut dengan kehidupan yang bakal mereka lakukan sehabis menikah.

Mereka khawatir tidak dapat melaksanakan hobi dengan leluasa, tidak dapat mengurus anak dengan benar, serta bahkan takut dengan perasaan pendamping yang bisa saja berubah sehabis melewati pernikahan.

Kekhawatiran ini pula terjadi pada seorang yang mempunyai trauma broken home saat orang tua berpisah. Banyak anak broken home yang khawatir buat menikah sebab mereka khawatir buat mengulangi perihal yang sama dengan orangtua mereka.

4. Belum Punya Modal

Meskipun menikah bisa saja di Kantor Urusan Agama (KUA) namun mengingat budaya negara kita tercinta ini sepertinya untuk melakukan hal itu tak mudah.

Apalagi untuk meyakinkan kedua belah pihak, orang tua dan juga keluarga itu pasti akan mendapatkan reaksi yang cukup beragam. Jadi wajar bila tak memiliki modal untuk memutuskan menunda pernikahan.

Hukum Menunda Pernikahan Dalam Pandangan Islam

Melansir dari buku Hukum dan Etika Pernikahan dalam Islam karangan Ali Manshur, hukum menunda pernikahan bagi orang yang mampu (dalam segi finansial, fisik, dan juga psikologis) hukumnya adalah makruh. Sedangkan bagi orang yang belum mampu sebaiknya harus meredam syahwatnya dengan melakukan puasa agar tak melakukan maksiat.

Bahkan hukumnya bisa menjadi Haram, jika seorang tidak mau menikah karena merasa terikat dengan hak dan kewajiban dalam rumah tangga dan hanya ingin hidup bebas. Bahkan ada hadisnya yang artinya seperti ini:

“Menikah adalah sunnahku, barangsiapa tidak mengamalkan sunnahku maka bukan dari golonganku. Dan hendaklah kalian menikah, sungguh aku akan berbanyak-banyakkan umat dengan jumlah kalian. Dan siapa yang memiliki kemampuan harta hendaklah dia menikah, dan siapa yang tidak memilikinya, maka hendaklah dia berpuasa, karena puasa merupakan benteng baginya.” (HR. Ibnu Majah, no. 1846)

Jadi kesimpulannya, jika memang dirasa kalian belum mampu untuk melaksanakan pernikahan maka tak apa untk ditunda. 

Membahas pernikahan bagi umat muslim juga perlu tahu yang namanya: “Walimatul Ursy Adalah Salah Satu Rangkaian Nikah”agar bisa mengetahui hukum, tatacara dan juga doanya.

Jadi setelah mengetahui penyebab anak muda menunda pernikahan, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!