Perbedaan Gejala Serangan Jantung Pria dan Wanita, Waspadai Tanda-Tanda Ini
Perbedaan serangan jantung pria dan wanita (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Serangan jantung bisa dialami oleh siapa saja, namun kebanyakan kasus terjadi pada orang dewasa. Namun perlu diketahui ada perbedaan gejala serangan jantung pria dan wanita. Gangguan kesehatan yang satu ini penting untuk diwaspadai karena serangan jantung termasuk penyakit paling mematikan di dunia. 

Serangan jantung terjadi saat aliran darah ke jantung tersumbat atau terputus. Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan lemak atau plak, kolesterol, dan faktor-faktor lainnya. Seseorang yang mengalami serangan jantung harus segera diberi pertolongan darurat supaya tidak menimbulkan dampak lebih buruk. 

"Penyakit jantung pembunuh nomor satu bagi pria dan wanita di Amerika Serikat. Namun, di situlah persamaannya, namun keduanya memiliki gejala yang berbeda,” kata Dr. Eduardo Sancez, Chief Medical Officer for Prevention for the American Heart Association, dilansir dari Antara.

Banyak anggapan beredar yang mengatakan penyakit ini banyak menyerang kaum pria. Namun faktanya wanita juga sama resikonya mengalami serangan jantung. Lantas apa perbedaan serangan jantung pria dan wanita yang penting untuk dipahami?

Gejala Umum Serangan Jantung

Kasus serangan jantung banyak ditemukan di Indonesia, dengan pasien mayoritas lansia dan orang dewasa dengan penyakit tertentu. Untuk bisa mengantisipasi dan memberikan penanganan yang tepat, maka perlu mengenai tanda-tanda serangan jantung. 

Dengan mengetahui tanda-tanda atau gejala serangan jantung di awal, maka Anda bisa memberikan pertolongan lebih cepat. Hal ini penting dilakukan supaya kondisi kesehatan tidak bertambah buruk atau membahayakan. 

Berikut ini beberapa gejala umum serangan jantung yang bisa dialami oleh pria maupun wanita:

  • Merasakan sakit, nyeri, dan tidak nyaman di tengah dada. Rasa nyeri biasanya akan menjalar ke bagian lengan kiri, bahu, punggung, leher terasa tercekik, hingga rahang bawah terasa ngilu. 
  • Sesak napas tiba-tiba.
  • Rasa mual, muntah, atau keringat dingin di badan.
  • Kepala pusing atau akan pingsan.

Perbedaan Gejala Serangan Jantung pada Pria dan Wanita

Kasus serangan jantung yang lebih banyak dialami oleh pria umumnya disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Pra bisa berisiko lebih cepat terkena serangan jantung apabila dirinya memiliki riwayat penyakit di keluarganya, tekanan darah tinggi, obesitas, hingga kebiasaan merokok. 

Wanita pun juga tidak bisa terhindarkan dari ancaman serangan jantung berkaitan dengan sejumlah faktor risiko di atas. Meski ada tanda-tanda umum serangan jantung seperti yang sudah disebutkan di atas, namun penting untuk diketahui ada perbedaan gejala serangan jantung pada pria dan wanita.

Gejala Serangan Jantung pada Pria

Serangan jantung pada pria biasanya akan memunculkan gejala nyeri di dada hingga mual dan sesak nafas. Berikut ini tanda-tanda atau gejala serangan jantung pada pria yang umum terjadi:

  • Kepala pusing yang disertai perasaan akan pingsan.
  • Napas pendek, tersenggal, atau sesak napas.
  • Badan mengeluarkan keringat dingin.
  • Detak jantung tidak teratur.
  • Rasa nyeri di area dada dan bagian tubuh lain seperti lengan, punggung, bahu kiri, leher, atau rahang.
  • Pencernaan terganggu.

Gejala Serangan Jantung pada Wanita

Berbeda dengan gejala yang dialami pria, serangan jantung pada wanita bisa terjadi tanpa adanya rasa nyeri di dada. Meski demikian, terdapat beberapa gejala serangan jantung yang umum dialami wanita, sebagai berikut:

  • Kelelahan atau letih yang berlangsung lama.
  • Rasa mual dan ingin muntah.
  • Kepala pusing dan sesak napas.
  • Sakit punggung bagian atas, bahu, atau tenggorokan.
  • Nyeri dada seperti tertekan yang menyebar ke rahang.
  • Gangguan pencernaan dan sulit tidur.

Demikianlah ulasan perbedaan gejala serangan jantung pria dan wanita yang penting untuk dipahami. Serangan jantung pada wanita bisa saja tidak diikuti dengan gejala nyeri dada sama sekali. Oleh karena itu, baik pria maupun wanita harus selalu waspada atau aware dengan kondisi kesehatannya. Baca juga apakah patah hati bisa kena penyakit jantung?

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.