Doa Minum Air Zamzam: Berikut Penjelasannya
Doa Minum Air Zamzam (Gambar Rawpixel-Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Air zamzam merupakan air yang diyakini selaku air suci yang penuh manfaat oleh umat Muslim. Keberadaan air tersebut terletak di kawasan Masjidil Haram, sebelah tenggara Ka’bah. Kepercayaan akan manfaat air zamzam yang berbeda dengan air mineral pada umumnya, juga mata air-nya yang tidak pernah kering walaupun di musim kemarau merupakan bukti kekuasaan Allah Swt.

Kemunculan air zamzam didasarkan pada cerita Nabi Ibrahim yang menerima mandat dari Allah Swt buat mengasingkan istrinya Siti Hajar serta anaknya Ismail kecil. Ditengah perjalanannya menuju Ka’ bah, dengan panas teriknya matahari ditengah padang pasir Siti Hajar serta Ismail kecil kehausan serta kelaparan, apalagi Ismail kecil menangis tidak henti- hentinya. Beberapa biji kurma serta air selaku bekal dari Ibrahim pula sudah habis.

Tidak tega melihat Ismail kecil menangis, Siti Hajar berupaya mencari air dengan berlari dari Bukit Safa ke Bukit Marwah terus menerus. Tercatat Siti Hajar berlari sebanyak 7 kali. Serta inilah yang setelah itu jadi rukun haji saat ini yakni Sai. Sehabis itu, atas izin Allah kaki kecil Nabi Ismail menghentak ke tanah serta muncul lah mata air yang menyegarkan buat mereka. Serta itu lah air zamzam yang senantiasa mengalir serta tidak pernah kering.

Melansir dari situs Jabar.NU, air zamzam dengan khasiatnya yang baik buat badan saat ini jadi buah tangan yang wajib untuk jamaah ibadah haji ataupun umrah buat dibagikan selaku oleh-oleh kepada keluarga, saudara serta tetangganya.

Sesuai namanya dalam bahasa arab, air zamzam mempunyai arti melimpah ataupun banyak, hingga tidak heran air tersebut sampai saat ini terus melimpah ruah tidak pernah kekeringan. Ketika hendak meminum air zamzam disunnahkan buat membaca doa, dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah serta Ahmad dari Jabir RA disebutkan,

مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ

Artinya: "Air zamzam sesuai dengan apa yang diniatkan peminumnya." (HR Ibnu Majah)

Oleh sebab itu, Imam Nawawi dalam Kitab Al Adzkar mengatakan, para ulama menganjurkan supaya sebelum meminumnya, kita meminta ampun, kesehatan, ataupun mengutarakan kemauan lain kepada Allah SWT. Tabiin ahli tafsir Mujahid RA juga menyatakan hal serupa kalau atas izin Allah SWT, kehendak awal dari si peminum bisa dikabulkan oleh Allah SWT.

Doa Minum Air Zamzam

Memohon hajat kepada Allah dalam hati, membaca basmallah serta doa sebelum minum, minum dengan 3 kali tegukan, serta bernafas ditengah tegukan

Ada pula doa minum air zamzam terdapat 2 doa, pertama diriwayatkan oleh Syekh Sulaiman Al-Bujairimi serta doa riwayat Ibnu Abbas ra. Doa tersebut dapat dibaca salah satunya, atau dapat pula keduanya, Berikut doanya:

Pertama

اللَّهُمَّ إنَّهُ قَدْ بَلَغَنِي عَنْ نَبِيِّك أَنَّهُ قَالَ مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ، وَأَنَا أَشْرَبُهُ لِسَعَادَةِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ اللَّهُمَّ، فَافْعَلْ

Allāhumma innahū qad balaghanī ‘an nabiyyika annahū qāla, ‘mā’u zamzama li mā syuriba lah,’ wa anā asyrabuhū li sa‘ādatid duniyā wal ākhirah. Allāhumma faf‘al.

Artinya, “Wahai Tuhanku, sungguh telah sampai padaku hadits dari nabi-Mu, ia bersabda, ‘Air zamzam bermanfaat sesuai tujuan diminumnya,’ (HR Ahmad, Al-Hakim, dan Ad-Daruqutni) dan aku meminumnya untuk kebahagiaan di dunia dan akhirat. Ya Allah, terimalah,”(Syekh Sulaiman Al-Bujairimi, Hasyiyatul Bujairimi alal Iqna‘, [Beirut, Darul Fikr: 2006 M/1426-1427 H], juz II, halaman 447).

Kedua

Adapun berikut ini adalah doa minum air zamzam dari sahabat Ibnu Abbas ra yang diriwayatkan oleh Imam Ad-Daruqutni:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ

Allāhumma innī as’aluka ‘ilman nafi‘an, wa rizqan wasi‘an, wa syifā’an min kulli dā’in.

Artinya, “Ya Allah, sungguh aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari segala penyakit.”

Perlu diketahui, Air zamzam juga mengandung beberapa keutamaan sebagaiamana dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW. Beliau berkata,

إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ إِنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ

Artinya: "Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zam zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit." (HR Muslim).

Dalam keterangan riwayat lain, Rasulullah SAW sendiri pernah menggunakan air zam zam sebagai penawar penyakit. Hadits ini telah dishahihkan Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shohihah yang berbunyi,

حَمَلَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى الأَدَاوَى وَالْقِرَبِ وَكَانَ يَصُبُّ عَلَى الْمَرْضَى وَيَسْقِيهِمْ

Artinya: "Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam pernah membawa air zam-zam dalam botol atau tempat air. Ada orang yang tertimpa sakit, kemudian beliau menyembuhkan dengan air zam-zam." (HR Al Baihaqy).

Selain itu ketahui lebih lanjut “Fakta Mengapa Air Zamzam Tidak Pernah Mengering” agar bisa menambah wawasan kalian.

Jadi setelah mengetahui doa minum air Zamzam, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!