90 Ribu Galon Air Zamzam Tambahan untuk Jemaah Haji Sudah Dikirim ke Indonesia
Air zam zam bisa diminum langsung di sekitar area Masjidil Haram, Makkah.(ANTARA-Zarqon)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 90 ribu galon air zamzam dalam kemasan 5 liter dari untuk jemaah haji Indonesia 2023 telah dikirim ke Tanah Air. 

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Haryanto mengatakan pengiriman air zamzam tambahan 5 liter tiap jemaah itu dilakukan secara bertahap oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

"Sampai hari ini baru 90 ribu galon air zamzam yang sudah kita kirim. Jadi masih banyak yang harus dikirim," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat 14 Juli, disitat Antara.

Haryanto mengatakan, air zamzam tambahan tersebut akan dikirim ke 13 embarkasi di seluruh Indonesia.

Untuk pengambilannya, kata dia, menunggu informasi dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag pada masing-masing daerah.

Akan tetapi secara teknis, kata dia, jemaah atau keluarga peserta ibadah haji bisa mengambil di embarkasi dengan membawa paspor jemaah bersangkutan.

"Soal pengambilan air zamzam, akan ada informasi lebih lanjut dari Kanwil Kemenag," kata Haryanto.

Sebelumnya pada penyelenggaraan ibadah haji 2023 jamaah haji Indonesia akan memperoleh tambahan air zamzam sebanyak lima liter, sehingga total air zamzam yang akan diterima jemaah sebanyak 10 liter.

Adapun rinciannya, yakni 5 liter pertama diterima jamaah setibanya di debarkasi, sementara tambahan 5 liter berikutnya menunggu pengiriman tahap dua dari Arab Saudi.

"Setibanya di Tanah Air. Jamaah menerima air zamzam sebanyak lima liter. Untuk air zamzam tambahan, secara bertahap mulai dikirim dari Saudi Arabia," kata Haryanto.

Menurutnya, tambahan 5 liter air zamzam menjadi berkah tersendiri bagi jemaah haji Indonesia. Pasalnya, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, jemaah haji Indonesia hanya memperoleh air zamzam sebanyak 5 liter.