VIDEO: 5 Makanan Orang Jepang yang Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur
VIDEO: 5 Makanan Orang Jepang yang Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur. (Tim grafis Video VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Memiliki umur panjang adalah salah satu harapan yang selalu diucapkan jika seseorang sedang berulang tahun. Ada juga yang berkeinginan punya umur panjang agar bisa melihat anak cucunya bertumbuh kembang menjadi dewasa. Penelitian dari seorang ahli gizi profesional asal Tokyo, Asako Miyashita, membagikan 5 makanan yang dikonsumsi oleh orang Jepang dan dipercaya bisa membantu seseorang untuk berumur panjang.

Pertama adalah ubi Jepang. Ubi ungu ini kaya akan karbohidrat sehat dan antosianin, yaitu sekelompok antioksidan yang banyak ditemukan dalam sayuran merah dan ungu yang mengandung sifat anti penuaan.

Kedua, sup miso. Miso merupakan pasta yang terbuat dari kedelai dan biji-bijian yang difermentasi. Sup miso mengandung probiotik dan bakteri hidup yang dapat membantu menyeimbangkan Kesehatan usus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Ketiga, ikan. Ikan banyak menjadi bahan utama pada makanan Jepang seperti sushi dan sashimi. Ikan yang digunakan umumnya adalah tuna dan salmon. Ikan tersebut mengandung lemak omega 3 yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan trigliserida, dan meredakan peradangan.

Keempat, rumput laut. Rumput laut dikenal kaya akan mineral penting seperti zat besi, kalsium, folat, dan magnesium. Rumput laut juga mengandung antioksidan seperti fucoxanthin dan fucoidan yang memiliki sifat anti-inflamasi, anti-penuaan, dan anti-kanker.

Kelima, lobak daikon yaitu sayuran akar yang populer dalam masakan Jepang yang dikenal dapat membantu mencegah masuk angin dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Satu lobak daikon mengandung 124 persen asupan vitamin c harian yang direkomendasikan. Simak videonya berikut ini.