VIDEO: Motivasinya Penting Dipahami, Ini 6 Alasan Orang Berbohong
VIDEO: Motivasinya Penting Dipahami, Ini 6 Alasan Orang Berbohong. (Tim grafis Video VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Bohong, salah satu sikap yang semua manusia mungkin pernah lakukan. Perilaku ini terkadang bisa menjadi gejala tertentu seperti gangguan kepribadian. Sebenarnya apa sih alasan orang berbohong? Nah ini dia penelitian dari psikolog. Psikolog klinis David J. Ley Ph.D telah meneliti perilaku berbohong patologis atau kompulsif.

Alasan pertama, dianggap penting bagi pembohong. Maksudnya, menurut mereka berbohong untuk hal yang tidak penting dianggap penting. Kedua, seringkali orang berbohong karena mereka mencoba mengendalikan situasi dan menggunakan pengaruhnya untuk mendapatkan reaksi atau keputusan yang mereka inginkan. Bagi pembohong, kebenaran dirasa merepotkan dan mungkin tidak sesuai dengan narasi mereka. Ketiga, mereka tidak ingin mengecewakan orang lain, maka memilih menyembunyikan kebenaran. Hal ini karena mereka ingin Anda terkesan, suka dan dihargai.

Mereka khawatir kebenaran membuat dirinya ditolak atau dipermalukan. Keempat, kebohongan ibarat bola salju. Menurut Ley, yang dilansir dari Psychology Today pada Kamis, 25 Januari lalu, jika Anda sekali berbohong, maka akan berbohong lagi dan lagi. Kelima, saat kita dibawah tekanan, ingatan terhadap berbagai hal tidak bisa diandalkan. Terkadang, pembohong bisa menciptakan dunia alternatif secara lengkap di kepalanya.

Ketika mengatakan sesuatu, sering kali hal itu terjadi karena mereka benar-benar yakin sebagai kebenaran. Namun, ingatan mereka kemungkinan diliputi stres, kejadian terkini, dan keinginan mereka untuk menemukan cara agar berhasil mengatasi situasi tertentu.

Terakhir, pembohong mungkin sangat ingin kebohongannya menjadi kenyataan sehingga kebutuhannya mengatakan kebenaran terpenuhi. Artinya, pembohong berharap mereka dapat membuat sesuatu menjadi kenyataan dari kebohongan yang berulang-ulang mereka katakan. Simak videonya berikut ini.