VIDEO: Geger Flyer 100 Ribu Mahasiswa ‘Geruduk Istana Turunkan Jokowi’ Ternyata Hoaks
VIDEO: Geger Flyer 100 Ribu Mahasiswa ‘Geruduk Istana Turunkan Jokowi’ Ternyata Hoaks. (Tim grafis Video VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Beredar flyer aksi ‘Geruduk Istana’ desak MPR RI gelar sidang istimewa turunkan Presiden Joko Widodo yang akan dilakukan oleh 100 ribu mahasiswa dari berbagai elemen di Istana Presiden dan Gedung MPR RI pada Kamis, 1 Februari 2024. Pada flyer, terlihat tulisan dengan seruan ‘INDONESIA SEDANG SAKIT, IBU PERTIWI MEMANGGIL’.

Dalam aksi ini juga akan ada pembagian sembako di depan Istana dengan tagar #salamperubahan. Sementara massa aksi akan ditandai dengan pemakaian pita hitam. Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro menegaskan, pihaknya masih mendalami adanya informasi dari flyer aksi demo yang tersebar itu.

Usut punya usut, berdasarkan laman web Kominfo, informasi tersebut adalah hoaks. Faktanya, narahubung yang bernama Melki itu adalah Melki Sedek Huang, Ketua BEM UI nonaktif. Saat dikonfirmasi, Melki mengaku nomor ponselnya dicatut tanpa sepengetahuan dirinya.

Sementara BEM KM UGM pun memastikan kabar bohong perihal keikutsertaannya dalam aksi tersebut. Hal senada juga disampaikan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) yang menepis keikutsertaan pihaknya dalam aksi itu. Sudah dikonfirmasi, bahwa itu berita bohong atau hoaks. Simak videonya berikut ini.