8 Gunung Tertinggi di Dunia yang Sulit Didaki, Lokasinya di Mana Saja?
Gunung tertinggi di dunia (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Gunung-gunung tertinggi di dunia sebagian banyak berada di perbatasan negara Nepal, China, India, dan Pakistan. Salah satu gunung tinggi yang sangat terkenal dengan keagungan atau keindahannya adalah Everest. Puncak Everest sendiri memiliki ketinggian 8.848,86 meter. 

Pegunungan tinggi tersebar di berbagai benua dan negara di dunia. Sejumlah penelitian menyebutkan ada sekitar 108 gunung yang menjulang dengan ketinggian lebih dari 7.200 meter. Sebagai pengetahuan, penting untuk mengetahui mana saja gunung tertinggi di dunia dan berapa ketinggian puncaknya.

Daftar Gunung Tertinggi di Dunia

Sumber data geografi Worldatlas menghimpun data ketinggian gunung di berbagai penjuru dunia. Berikut ini daftar gunung tertinggi di dunia yang menarik untuk diketahui:

Gunung Everest

Gunung Everest menempati urutan pertama sebagai gunung tertinggi di dunia. Gunung dengan ketinggian 8.848,86 meter ini terletak di Mahalangur Himal di Himalaya perbatasan antara Nepal dan daerah otonomi Tibet, China. 

Gunung Everest menjadi salah satu gunung yang banyak didatangi oleh pendaki-pendaki dari berbagai belahan dunia. Banyak pendaki ingin melihat langsung keindahan Gunung Everest dan tertantang untuk mencapai puncaknya. 

Tercatat pada tahun 2017, ada lebih dari 7.600 orang yang berhasil mendaki mencapai puncak Gunung Everest. Namun di samping itu, ada sekitar 300 orang tewas ketika sedang mendaki. Pendaki pertama yang berhasil mencapai puncak tertinggi ini pada 29 Mei 1953 adalah pendaki Selandia Baru Sir Edmund Hilari dan Sherpa Tenzing Norgay asal Nepal.

Gunung K2

Posisi kedua gunung tertinggi di dunia adalah Gunung K2 yang memiliki ketinggian 8.611 meter. Gunung K2 terletak di pegunungan Karakoram yang sebagian masuk wilayah Tajik Tashkurgan di Xianjiang Barat, China. 

Gunung K2 memiliki julukan "Savage Mountain" dan dikenal sebagai salah satu gunung paling bahaya di dunia untuk ditempuh pendaki. Pendaki Italia, LIno Lacedelli dan Achille, menjadi orang oertama yang mencapai puncak Gunung K2 pada 31 Juli 1954.

Gunung Kangchenjunga

Urutan selanjutnya gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Kangchenjunga. Gunung dengan ketinggian 8.598 meter ini berada di sepanjang perbatasan antara India dan Nepal. Gunung Kangchenjunga juga menjadi gunung tertinggi yang ada di India. Pendaki pertama yang berhasil menaiki puncak gunung ini adalah pendaki asal Inggris Joe Brown dan George Band pada 25 Mei 1955.

Gunung Lhotse

Gunung tertinggi di dunia selanjutnya adalah Gunung Lhotse yang memiliki ketinggian 8.516 meter. Gunung ini terletak di bagian Mahalangur Himal dari pegunungan Himalaya di sepanjang perbatasan Khumbu, Nepal dan Tibet, China. Pendaki Swiss Ernst Reiss dan Fritz Luchsinger menjadi pendaki pertama yang berhasil mencapai puncak gunung ini pada 18 Mei 1956.

Gunung Makalu

Gunung Makalu menempati urutan selanjutnya sebagai gunung tertinggi di dunia yang puncaknya setinggi 8.485 meter. Gunung ini berada di Mahalngur Himal dari pegunungan Himalaya di sepanjang perbatasan Nepal dan Tibet, China. Pendaki Perancis Lionel Terray dan Jean Couzy menjadi pendaki pertama yang menaklukan puncaknya pada 15 Mei 1955.

Gunung Cho Oyu

Gunung tertinggi di dunia selanjutnya adalah Gunung Cho Oyu dengan ketinggian 8.188 meter. Gunung ini berada di dekat perbatasan antara Nepal dan China dan terletak sekitar 20 kilometer sebelah barat dari Gunung Everest. Pendaki Polandia Maciej Berbeka dan Maciej Pawlikowski menjadi pendaki pertama yang berhasil mencapai puncaknya pada 12 Februari 1985.

Gunung Dhaulagiri I

Gunung Dhaulagiri I berada di posisi ketujuh sebagai gunung tertinggi di dunia. Gunung dengan ketinggian 8.167 meter ini berada di negara Nepal. Pada 13 Mei 1960, tim pendaki Swiss dan Austria, yaitu Kurt Diemberger, Peter Diener, Albin Schelbert, Ernst Forrer, dan dua Sherpa Nawang Dorje dan Nyima Dorje menjadi pendaki pertama yang mencapai Gunung Dhaulagiri I.

Gunung Manaslu

Posisi kedelapan gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Manaslu dengan ketinggian 8.163 meter. Gunung yang berada di negara Nepal ini didaki oleh sebanyak  297 kali pada 2008 dan sekitar 53 orang tewas ketika mendaki. Pendaki pertama yang berhasil mencapai puncak gunung ini adalah tim ekspedisi Jepang yang dimotori Toshio Imanishi dan Gyalzen Norbu pada 9 Mei 1956.

Demikianlah ulasan daftar gunung tertinggi di dunia yang menarik untuk diketahui. Kebanyak gunung-gunung tertinggi di dunia berada di perbatasan negara Nepal, China, India, dan Pakistan. Baca juga erupsi dahsyat Gunung Tambora di masa lampau. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.