Bagikan:

YOGYAKARTA - Seperti yang kita tahu Surat Yusuf merupakan surat ke-12 di dalam Al-Quran. Surat ini memiliki 111 ayat dan surat ini diturunkan langsung di kota Mekkah dan terkategori sebagai surah Makkiyah. Ingin tahu bagaimana cara mengamalkan surat Yusuf?

Surat Yusuf secara khusus menggambarkan cerita Nabi Yusuf AS yang sangat diteladani oleh Nabi Muhammad. Membaca surat Yusuf bakal menemukan banyak manfaat.

Salah satunya pada ayat 4 yang menggambarkan mimpi Nabi Ibrahim. Banyak yang berupaya memberikan tafsir terhadap mimpi tersebut.

Konon untuk siapapun yang mengamalkannya tiap hari bakal memperoleh aura positif, mencerahkan wajah, sampai memudahkan jodoh. Surat yusuf ayat 3 dipercaya bakal membuat siapapun yang mengamalkannya bakal mendapatkan jodoh.

Kemudian bagaimana metode menguasai amalan Surat Yusuf sepenuhnya? Telah kami rangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/4), berikut yaitu amalan surat yusuf beserta metode mengamalkannya.

Lafal Surat Yusuf Ayat 4 Beserta Artinya

Memperoleh jodoh memanglah jadi garis hidup yang sudah ditakdirkan oleh Allah SWT. Walaupun begitu kita senantiasa wajib mengupayakan biar jodoh lebih cepat datang.

Salah satunya yaitu dengan melaksanakan Sholat Fardhu sekalian mengamalkan surat yusuf. Bacaan surat yusuf yang dibaca sehabis Sholat Fardhu diyakini bakal mempermudah kita mendapatkan jodoh.

اِذْ قَالَ يُوْسُفُ لِاَبِيْهِ يٰٓاَبَتِ اِنِّيْ رَاَيْتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَاَيْتُهُمْ لِيْ سٰجِدِيْنَ

Idz qala yụsufu li ‘abihi ya abati innii raaitu ahada ‘asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara raaituhum lii sajidin.

Artinya: “(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, “Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku.”

Tafsir Surat Yusuf Ayat 4

Isi dalam surat yusuf ayat 4 coba dijabarkan oleh banyak mufassirin lewat tafsir. 

  1. Tafsir Al-Muyassar

Sebutkanlah (wahai Rasul), kepada kaummu perkataan Yusuf kepada ayahnya, “Sesungguhnya aku bermimpi melihat dalam tidurku sebelas bintang, matahari, dan bulan, aku melihat mereka semua itu bersujud kepadaku”. Mimpi tersebut menjadi pembuka kabar gembira atas martabat yang dicapai oleh Yusuf berupa kedudukan yang tinggi di dunia maupun di akhirat.

  1. Tafsir Al-Mukhtashar

Tafsir kedua dari Surat Yusuf ayat 4 adalah; Kami menceritakan kepadamu (wahai Rasul) tatkala Yusuf berkata kepada ayahnya Ya’qub, “Wahai ayahku! Sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang. Dan aku juga melihat matahari dan bulan. Aku melihat semuanya bersujud kepadaku.” mimpi itu adalah kabar gembira yang disegerakan untuk Yusuf.

  1. Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah

Allah menyebutkan kepada Rasulullah dan umatnya kisah Nabi Yusuf dan pelajaran-pelajaran yang terkandung di dalamnya; dimulai dengan kisah mimpi menakjubkan yang nantinya akan menjadi kenyataan.

Nabi Yusuf berkata kepada ayahnya, Ya’qub: “Wahai ayahku, aku melihat dalam mimpi sebelas bintang, serta matahari dan bulan; semuanya bersujud kepadaku!”

  1. Tafsir Ringkas Kementerian Agama RI

Dalam tafsir tersebut disampaikan bahwa di antara wahyu Alquran yang diturunkan Allah SWT berupa kisah-kisah umat terdahulu yang belum diketahui dengan jelas oleh Nabi Muhammad SAW dan umatnya. Ayat Surat Yusuf ayat 4 ini menjelaskan mengenai salah satu kisah tersebut.

Allah memulai kisah Nabi Yusuf dengan menceritakan perihal mimpinya, yakni saat Yusuf putra Nabi Yaqub berkata kepada ayahnya:

"Wahai ayahku, sungguh, sungguh, aku bermimpi melihat sebelas bintang, yakni saudaranya yang berjumlah sebelas, matahari, yakni ayahnya dan bulan, yakni ibunya; kulihat semuanya sujud atau mengarahkan pandangannya dan hormat kepadaku. Kemudian Nabi Ya’qub berkata, wahai anakku! Janganlah engkau ceritakan mimpimu kepada saudaramu. Aku khawatir jika mereka tahu, mereka akan membuat tipu daya untuk membinasakanmu, akibat dari kedengkian mereka. Sungguh setan itu musuh yang jelas bagi manusia karena terus memunculkan rasa permusuhan di antara sesama."

Cara Mengamalkan Surat Yusuf 

  1. Niatkan dalam hati melalui tujuan yang baik buat mengamalkannya.
  2. Baca surat Yusuf ayat 4 sehabis mandi serta berwudhu. Berikutnya tiupkan pada kedua telapak tangan, sapukan pada wajah.
  3. Supaya memperoleh kesempurnaan niat buat mencari jodoh ataupun pendamping amalkan secara teratur setelah sholat 5 waktu, diamalkan 3 kali secara teratur dan ikhlas. Tiupkan pada 2 telapak tangan kemudian usapkan pada muka.
  4. Tidak hanya digunakan dalam mencari jodoh, mempunyai yang sangat baik buat memunculkan rasa kasih sayang dan hormat terhadap sesama.
  5. Jalani secara teratur, wajah kalian bakal terlihat nampak berseri seri dan bercahaya untuk yang memandang.

Keutamaan Surat Yusuf Ayat 4

Surat Yusuf berisi tentang cerita Nabi Yusuf AS. Nabi Muhammad SAW banyak mengambil pelajaran dari surat ini. Banyak pelajaran serta teladan yang dapat umat muslim peroleh melalui mengamalkan surat ini.

Beberapa keutamaan dari surat Yusuf ayat 4 juga baik buat diamalkan. Berikut merupakan 3 keutamaan di antaranya:

  1. Siapa yang membaca ayat 4 surat Yusuf, maka wajah orang itu bakal berseri-seri, senantiasa disegani serta dihormati oleh orang.
  2. Membaca surat Yusuf ayat 4 dipercaya dapat untuk memperoleh jodoh ataupun menarik hati dan sanggup meluluhkan hati manusia. Seperti yang umat muslim tahu, Nabi Yusuf sendiri ialah utusan Allah SWT yang dianugerahi wajah teramat tampan.
  3. Tidak hanya di ayat ke-4, manfaat berikutnya ada pada ayat ke-64 surat ini, orang yang membacanya bakal bebas dari kesusahan hidup. Tidak hanya itu, untuk orang tua yang membaca ayat ke-68 surat Yusuf, maka anaknya diharapkan jadi generasi yang saleh yang berbakti kepada orang tuanya.

Selain itu selaku umat Muslim juga harus tahu “Amalan dan Bacaan Doa saat Menjumpai Lailatul Qadar” mengingat sebentar lagi bulan Ramadhan akan tiba.

Jadi setelah mengetahui cara mengamalkan surat yusuf, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!