Bagikan:

YOGYAKARTA – Melalui hari-hari yang sibuk dan kenyataan tak sesuai harapan, bisa memicu suasana hati buruk. Untuk mengatasinya, mineral yang terkandung dalam makanan bisa membantu memperbaiki mood, yaitu magnesium.

Magnesium berpotensi meningkatkan semangat, kualitas tidur, keteraturan usus, dan eksehatan otak. Menurut dokter neuropati dan direktur medis di MegaFood, Erin Stokes, MD., magnesium adalah kofaktor untuk lebih dari 300 enzim dalam tubuh manusia. Tubuh tidak akan mendapatkan enzim-enzim tersebut secara cukup karena tidak memiliki mineral tubuh. Untuk magnesium yang berpotensi mengatur suasana hati, ditunjukkan penelitian dipublikasikan dalam National Library of Medicine.

Penelitian ini mencatat bahwa kadar magnesium yang rendah berhubungan dengan kelelahan, sakit kepala, dan stres fisik. Selain itu, berdasarkan ulasan tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, kadar magnesium yang tidak mencukupi dalam tubuh telah dikaitkan dengan kecemasan, depresi, dan gangguan mood lainnya. Di sisi lain, Stokes mengatakan magnesium yang cukup meningkatkan rasa tenang dan relaksasi. Hal ini sebagian disebabkan oleh jumlah mineral yang cukup yang memungkinkan sistem saraf pusat berfungsi sebagaimana mestinya.

makanan tinggi magnesium untuk suasana hati sedang buruk
Ilustrasi makanan tinggi magnesium untuk suasana hati sedang buruk (Freepik/KamranAydinov)

“Magnesium berperan penting dalam mengatur neurotransmitter yang mengirimkan pesan ke seluruh otak dan tubuh, membantu meningkatkan fungsi otak yang mengelola stres dan kecemasan,” jelas Amy Shapiro, MS, RD. dilansir Well+Good, Minggu, 21 Januari.

Shapiro menambahkan, magnesium bekerja pada hipotalamus, bagian otak yang mengontrol kelenjar pituitary dan adrenal. Keduanya adalah kelenjar yang bertugas merespons stres. Singkatnya, ketika Anda memiliki cukup magnesium, Anda berada dalam posisi yang lebih baik untuk memungkinkan transmisi yang sehat antara otak dan tubuh Anda. Hasilnya mungkin berupa ketahanan yang lebih besar terhadap stres, suasana hati yang lebih baik, dan lebih sedikit gejala ketidakseimbangan kesehatan mental.

Lantas makanan apa saja yang mengandung magnesium untuk mendapatkan sejumlah manfaat yang disebutkan di atas? Menurut National Institutes of Health (NIH), wanita dewasa membutuhkan sekitar 310-360 miligram magnesium setiap hari, bervariasi berdasarkan faktor seperti usia dan status kehamilan/menyusui. Sedangkan pria dewasa membutuhkan 400 hingga 420 miligram. Untuk mencapai jumlah tersebut melalui makanan utuh, biji labu akan membantu Anda mencapai kemajuan yang signifikan. Menurut FDA, satu ons (28 gram) biji labu mengandung 156 miligram mineral. Sumber makanan lain yang mengandung magnesium, diantaranya kacang-kacangan, buncis, dan sayuran hijau.

Stokes menjelaskan, kacang almond mungkin paling baik dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat optimal, termasuk memperbaiki suasana hati. Tambahnya lagi, hanya dengan mengonsumsi sebanyak 2 ons, maka bisa mendapatkan sebanyak 180 miligram magnesium. Bisa juga mengonsumsi kacang mete dan kacang tanah. Selain itu, Shapiro menambah daftar makanan tinggi magnesium, antara lain bayam, telur, yoghurt, susu, dan pisang.