Doa Pengantin Baru: Rangkaian dari Sebelum Khitbah Sampai Setelah Ijab Kabul Sesuai Sunnah
Ilustrasi pernikahan (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pernikahan bagi banyak orang adalah sesuatu yang sakral sehingga harus dibarengi dengan doa sesuai sunnah dan anjuran. Doa pengantin baru tidak hanya meliputi saat menikah saja, namun bisa dimulai sejak sebelum khitbah sampai ijab kabul

Doa yang dipanjatkan sebelum hingga setelah prosesi pernikahan bertujuan untuk meminta kelancaran dan keberkahan dari Allah SWT agar menjadi keluarga yang bahagia.

Doa Pengantin Baru

Berikut ini rangkaian doa yang bisa dipanjatkan oleh kedua calon mempelai agar menjadi keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah.

  1. Doa Sebelum Lamaran atau Khitbah

Umat Islam tak mengenal pacaran, namun ada istrilah ta'aruf dan khitbah. Meski tidak termasuk syarat menikah, keduanya perlu dilakukan demi mengenal satu dan yang lain. Posisi khitbah sendiri juga cukup penting karena saat dua calon pengantin menginjak prosesi khitbah atau lamaran berarti hubungan sudah semakin serius.

Doa sebelum lamaran ini dimaksudkan untuk mendapat petunjuk dari Allah SWT. Dianjurkan untuk membaca doa ini di sepertiga malam sesudah melaksanakan salat istikharah.

Berikut ini doa sebelum khitbah yang dianjurkan, dilansir dari situs Islam NU yang mengutip karya Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, Al-Adzkâr al-Muntakhabah min Kalâmi Sayyid al-Abrâr:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ تَقْدِرُ وَلآ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلآ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ فَإِنْ رَأَيْتَ لِيْ فِيْ (.......) خَيْرًا فِى دِيْنِيْ وَآخِرَتِيْ فَاقْدِرْهَا لِيْ

“Allahumma innaka taqdiru wa la aqdiru wa la a’lamu wa anta ‘allamul ghuyubi. Fa in ra`aita li fi([sebutkan nama calon pasangan bin/binti ayahnya]) khairan fi dini wa akhirati faqdirha li”

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Mentakdirkan, dan bukanlah aku yang mentakdirkan. Dan (Engkau) Maha Mengetahui apa yang tidak kuketahui. Engkau Maha Mengetahui hal-hal yang ghaib. Maka jika Engkau melihat kebaikan antara diriku dan (..... [sebutkan nama calon pasangan bin/binti ayahnya]) untuk agama dan akhiratku, maka takdirkanlah aku bersamanya.”

  1. Doa Menjelang Akad

Disarankan untuk tidak putus dalam berdoa. Hal ini sebagai salah satu bentuk keseriusan kita meminta kepada Allah SWT agar diberi kelancaran, keberkahan, dan kebahagiaan dunia akhirat. Doa yang bisa dipanjatkan adalah sebagai berikut.

اِذۡ اَوَى الۡفِتۡيَةُ اِلَى الۡـكَهۡفِ فَقَالُوۡا رَبَّنَاۤ اٰتِنَا مِنۡ لَّدُنۡكَ رَحۡمَةً وَّهَيِّئۡ لَـنَا مِنۡ اَمۡرِنَا رَشَدًا

“Iz awal fityatu ilal Kahfi faqooluu Rabbanaaa aatinaa mil ladunka rahmatanw wa haiyi' lanaa min amrinaa rashadaa.”

Artinya:

"(Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami." (QS. Al-Kahfi: 10)

  1. Doa Saat Akad

Doa ini dipanjatkan oleh orang-orang terdekat pengantin yang hadir dalam proses akad. Doa dimaksudkan untuk memberi harapan baik untuk pengantin ke depannya. Doa saat akad ditulis di hadist sahih riwayat Abu Hurairah.

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

“Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jama'a bainakumaa fii khoir.”

Artinya:

mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.

  1. Doa Setelah Ijab Kabul

Setelah pengantin resmi menjadi sepasang suami-istri, Rasulullah SAW menyarankan agar suami memegang ubun-ubun sang istri sambil membaca doa setelah akad yakni sebagai berikut.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

"Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih."

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.”

Selain banyak berdoa, disarankan untuk saling belajar serba-serbi pernikahan salah satunya cara mengatur keuangan untuk pengantin baru.

Itulah informasi terkait doa pengantin baru. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.