Bagikan:

YOGYAKARTA - Tren Dorothea viral di TikTok sejak beberapa waktu belakangan. Banyak pengguna mengunggah konten foto atau video yang menampakkan kebersamaannya dengan temannya. Namun teman lamanya yang dulu sering bersama tersebut kini saling menjauh dan bagai orang asing. Lantas apa itu tren Dorothea dan artinya?

Dorothea berkaitan dengan hubungan pertemanan dengan seseorang yang pernah menjadi sahabat. Istilah Dorothea ini terinspirasi dari lagu Taylor Swift dengan judul yang sama. Meski sempat viral di TikTok, namun masih banyak yang belum tahu apa itu tren Dorothea dan pengertiannya. 

Apa Itu Tren Dorothea?

Dorothea merujuk pada teman yang dulunya sangat akrab, namun kini sudah jarang bertemu atau semakin menjauh. Meski hubungan pertemanannya semakin jauh, tapi keduanya tetap saling mendukung, menyayangi, dan terkadang saling update mengenai perubahan hidupnya 

Tren Dorothea berawal dari lagu Taylor Swift yang berjudul ‘Dorothea’. Lagu ini mengisahkan tentang teman masa kecil seseorang yang dulunya sering bersama menghabiskan waktu. Pada suatu hari temannya harus pergi meninggalkan kota untuk menggapai mimpinya. Mereka masih berhubungan namun hanya berkomunikasi lewat ponsel. 

Sejak meninggalkan kota dan berada di tempat baru, teman masa kecilnya ini kemudian mempunyai relasi yang semakin banyak. Ia menjalin hubungan dengan teman-teman yang baru. Tak ada yang bisa dilakukan oleh sahabat lamanya selain mendoakan yang terbaik bagi temannya. Bahkan dirinya siap menerima jika suatu saat temannya ingin kembali bersama. 

Jadi Dorothea bisa dimaknai sebagai arti perasaan dari persahabatan yang sudah semakin berjarak dan jarang bersama lagi karena mempunyai kesibukan masing-masing. Terkadang saat bertemu lagi setelah waktu yang lama, mereka menjadi canggung dan tidak sedekat dulu. Meski demikian, teman lama tersebut masih berharap agar mereka bisa akrab seperti dulu. 

Sebenarnya istilah Dorothea tidak selalu merujuk pada hubungan persahabatan. Melainkan, Dorothea adalah seseorang yang dulunya sangat dekat hingga seiring berjalannya waktu menjadi berjauhan. Mereka jarang berkomunikasi, bertegur sapa, hingga tidak tahu kabarnya. 

Kunci Pertemanan yang Awet

Di balik viralnya tren Dorothea, sebenarnya hal ini mengajak kita untuk membangun relasi seluas-luasnya dan sebaiknya tidak melupakan kawan lama. Namun di samping itu, kita juga dituntut untuk menyadari bahwa semua orang bisa berubah dan memiliki kesibukan atau kepentingan masing-masing. 

Dalam perjalanan hidup setiap orang, pastinya akan berjumpa dengan orang-orang baru entah dalam pekerjaan, hobi, atau aktivitas lainnya. Meski bermunculan teman baru, tetapi Dorothea tidak akan melupakan dan meninggalkan sahabatnya. Kondisi jarak dan waktu bukan menjadi alasan bagi mereka untuk saling mengingat hingga mendukung. 

Membangun pertemanan yang awet memang bukanlah hal yang mudah. Bagi Anda yang ingin memiliki hubungan pertemanan yang langgeng atau bertahan lama, berikut ini beberapa kuncinya. 

Saling Percaya

Dalam hubungan persahabatan, kita tidak hanya harus saling terbuka. Hubungan persahabatan juga membutuhkan rasa saling percaya. Seorang Sahabat harus bisa menjaga rahasia satu sama lainnya dan menjadi ruang yang nyaman dan aman untuk bercerita. 

Saling Menerima

Hubungan persahabatan juga harus dipupuk dengan rasa saling menerima. Anda dan sahabat harus menerima kelebihan maupun kekurangan satu sama lainnya. Apabila ada orang yang tidak suka dengan sahabat Anda, maka Anda tidak peduli dan tetap menjalin hubungan pertemanan. 

Berusaha Membantu Ketika dalam Kesulitan

Ketika mengalami kondisi kesulitan, seorang sahabat tidak akan membiarkan kesusahan atau menderita. Seorang sahabat akan berusaha untuk membantu ketika temannya dalam kesulitan. Mereka tak akan meninggalkan Anda sekalipun meski jarak dan waktu. 

Saling Mengingatkan Terhadap Kesalahan

Bukan hanya saling menerima dan percaya, dalam hubungan persahabatan juga harus jujur satu sama lainnya. Sahabat yang baik adalah mereka yang mau untuk mengingatkan temannya jika melakukan kesalahan. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu tren Dorothea yang viral di media sosial. Banyak pengguna medsos yang mengikuti tren ini untuk menceritakan atau mengenang momen indah bersama sahabatnya. Baca juga cara mengatasi kesepian, biar nggak berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.