Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak yang mengira kalau Koki dan Chef itu merupakan sebutan dan profesi yang sama. Namun sebenarnya ini merupakan dua profesi yang berbeda meski sama-sama berkecimpung di dapur. Lalu, beda chef dan koki apa?

Beda Chef dan Koki

Melansir dari beberapa sumber, chef ialah sebutan buat juru masak handal yang berperan selaku kepala juru masak di restoran ataupun hotel. Sedangkan koki merupakan seorang yang bertugas memasak makanan. Bisa dikatakan, pendidikan chef diperoleh dari seorang chef berpengalaman sebaliknya koki memeroleh kemampuan dari pengalaman.

Tidak hanya itu, dilihat dari istilahnya, kata chef diambil dari bahasa Perancis “chef de cuisine" yang bermakna kepala dapur. Chef pula kerap dimaksud selaku juru masak handal serta terlatih dalam seluruh aspek pengolahan makanan. Sedangkan itu, koki merupakan seorang yang bertugas mempersiapkan hidangan yang bakal dimakan. Bisa dikatakan, koki merupakan sebutan juru masak secara universal.

Pasalnya, chef memeroleh pendidikan serta pelatihan secara resmi dari suatu lembaga ataupun chef berpengalaman. Sedangkan itu, koki memeroleh keahliannya dari pengalaman masak yang berulang-ulang. Sesungguhnya, profesi chef baru muncul pada abad ke-19. Sebelumnya para chef ini di sebut dengan 'cook' ataupun 'master of cook'.

Chef mempunyai tingkatan yang dibedakan menurut jabatan ataupun kemamampuannya. Posisi paling atas dalam chef diucap sebagai chef manager ataupun kepala chef. Buat posisi terbawah dalam tingkatan chef diucap sebagai junior chef. Sedangkan itu, koki tidak mempunyai tingkatan serupa chef.

Kedua profesi ini sama-sama mempunyai tanggung jawab yang besar. Seseorang chef mempunyai tanggung jawab yang kompleks, terlebih untuk kepala chef. Apabila regu dapur seorang kepala chef terdapat kesalahan maka bakal berimbas pada kepala chef.

Tidak hanya itu, chef bertanggung jawab atas menu di restoran ataupun hotel. Tidak jarang, seseorang chef bakal melangsungkan penelitian guna menciptakan menu baru. Chef pula bertanggung jawab atas beberapa hal semacam rasa menu masakan, pasokan bahan baku dan melatih chef-chef di bawahnya.

Koki juga tidak kalah penting tanggung jawabnya, dibanding dengan chef. Apabila masakan koki bermasalah maka koki tersebut wajib mempertanggungjawabkannya. Sebab bekerja sendiri, maka tanggung jawab koki tidak terlalu kompleks.

Tingkatan Pada Chef

1. Cook helper/kitchen assistant

Seperti namanya, tugas utama cook helper yakni menolong dalam persiapan bahan masakan (mise en place). Bukan hanya di sesi persiapan, namun pula menolong dalam proses finishing masakan. Umumnya peserta didik perhotelan bidang F&B service bakal dimagangkan di posisi ini.

2. Cook/commis

Commis merupakan posisi entry-level dalam dapur. Mereka bekerja di bawah pengawasan chef de partie serta bertanggung jawab atas tugas-tugas persiapan dasar, semacam memotong bahan, mensterilkan bahan-bahan masakan, serta menolong dalam proses memasak.

3. Demi Chef de partie

Posisi ini tugasnya nyaris sama seperti cook pada biasanya, namun tanggung jawabnya lebih luas. Demi chef de partie tidak cuma bertanggung jawab terpaut dengan standar rasa saja, namun pula dalam perihal pengadaan bahan.

4. Chef de partie

Quality control tahap awal di dapur dipegang oleh chef de partie. Untuk itulah, chef de partie memberi tahu secara langsung kepada sous chef ataupun executive chef. Tidak hanya itu, mereka bertanggung jawab terhadap pengadaan bahan serta memasak, menetapkan SOP dapur berjalan sesuai dengan arahan executive chef.

5. Sous chef/asisten chef

Tentu saja tiap chef memerlukan seseorang asisten, umumnya asisten chef kerap disebut sous chef. Posisi ini bertanggung jawab seluruhnya dalam operasional dapur dan menolong menjalankan sebagian administrasi dapur.

Tidak hanya chef de partie, sous chef pula bertanggung jawab buat quality control, food cost, serta membenarkan standar masakan sudah aman sesuai dengan arahan executive chef.

6. Executive chef

Tugas utama seseorang executive chef yakni menerapkan serta memastikan mutu standar masakan dalam segi rasa, presentasi menu masakan, serta pula harga jual. Posisi ini wajib mempunyai kreativitas sebab tugasnya yang tidak kalah berarti yakni menghasilkan menu-menu baru.

Jadi setelah mengetahui beda chef dan koki, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!