8 Tips Agar Karyawan Betah di Kantor, Perhatikan Tata Ruang sampai Rencana Outing
Ilustrasi ruang kantor yang menyenangkan (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Nampaknya pengusaha harus tahu apa saja tips agar karyawan betah di kantor. Pasalnya, karyawan adalah aset paling berharga yang ikut menjaga keberlangsungan bisnis perusahaan agar berjanan maksimal dan terus berkembang.

Di sisi lain, pengusaha kadang dibuat pusing karena karyawan yang sering kali diandalkan untuk bekerja di perusahaan tidak betah dan memilih untuk mengundurkan diri. Bahkan kejadian tersebut terus berulang setiap periode tertentu.

Tips Agar Karyawan Betah di Kantor

Rasa bosan karyawan di kantor sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa perubahan kecil, baik pada sistem kerja maupun lingkungan kantor. Berikut ini tips dan cara menjaga karyawan agar tetap betah bekerja di perusahaan Anda.

  1. Buat Sistem Kerja yang Fair dan Manusiawi

Sering kali sistem kerja yang tidak adil dan tidak memanusiakan karyawan jadi pemicu rasa bosan. Saat itu terjadi, tak heran jika pekerja yang Anda pekerjakan datang dan pergi bahkan dalam waktu singkat. Untuk menghindari hal tersebut buatlah sistem kerja yang fair dan manusiawi. Sistem kerja yang dimaksud mencakup upah yang sesuai, diberlakukan upah lembur, dan sebagainya.

Pengusaha juga harus mempertimbangkan kesesuaian upah dengan target pekerjaan yang diberikan. Memberikan target pekerjaan tinggi dengan upah rendah hanya akan membuat perusahaan terus ditinggal karyawan.

  1. Terapkan Warna Cerah pada Desain Interior

Secara psikologis warna berpengaruh pada mood seseorang. Alasan ini yang mendasari penggunaan warna cerah pada interior perkantoran. Hindari warna gelap dengan desain kaku untuk menumbuhkan suasana keceriaan.

  1. Sediakan Ruang Santai

Saat ini banyak startup yang menyediakan fasilitas ruang santai bagi karyawannya. Ruangan ini biasanya digunakan oleh para pekerja beristirahat sejenak. Di ruangan ini perusahaan bisa menyediakan kursi dan meja, beanbag, karpet lembut, dan masih banyak lagi.

  1. Sediakan Permainan

Perusahaan bisa menyediakan permainan ringan yang bisa dimainkan oleh karyawan seperti meja pingpong, game konsol, atau permainan lain yang memungkinkan dimainkan di dalam ruangan. Fasilitas ini diadakan dengan tujuan menambah kreativitas karyawan serta membantu mereka menghilangkan rasa bosan.

  1. Sediakan Pantry dan Snack

Saat bekerja, karyawan boleh membuat kopi, teh, cokelat, atau mengonsumsi snack ringan saat mereka bekerja lembur. Makanan dan minuman sendiri terbukti mampu meningkatkan mood dan mengusir rasa bosan saat bekerja.

  1. Penerangan yang Baik

Hindari penerangan yang buruk di area kantor. Penerangan yang buruk akan membuat karyawan mudah lelah dan mengantuk. Untuk menghindari hal tersebut usahakan untuk menjaga penyinaran tetap cukup. Pemanfaatan cahaya matahari sangat direkomendasikan dalam hal ini.

  1. Pengadaan Ruang Hijau

Ruang hijau di area kantor sangat membantu mengatasi rasa bosan karyawan. Selain itu ada banyak manfaat yang akan didapatkan oleh pekerja atau orang-orang di sekitar seperti menambah pasokan oksigen, menyegarkan pandangan mata, dan masih banyak lagi.

  1. Agendakan Outing

Pemilik perusahaan perlu mengadakan outing, yakni agenda bermain bersama di luar kantor. Acara ini bisa diisi dengan beragam seperti games atau pelatihan. Outing berguna untuk mengurangi rasa bosan karena rutinitas sehari-hari serta menambah kekompakan antar karyawan. Dua hal tersebut cukup berpengaruh pada hasil kinerja pekerja dalam mencapai target mereka.

Itulah informasi terkait tips agar karyawan betah di kantor. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.