Cara Bersihkan Ikan Gurame Agar Tidak Bau Lumpur: Sebenarnya Sederhana Banget Kok!
Cara Bersihkan Ikan Gurame Agar Tidak Bau Lumpur (Instagram @jurassicfishingpark)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernahkah kalian bertanya-tanya bagaimana bisa ikan gurami di restoran-restoran itu tidak bau tanah ya? Padahal kalau kita masak sendiri pasti bau tanah. Apa memang ada cara bersihkan ikan gurame agar tidak bau lumpur?

Konon katanya ikan gurami merupakan ikan air tawar terenak, makanya harganya pun jauh di atas rata-rata ikan air tawar konsumsi lainnya seperti lele, nila dan bawal. Tak heran pula bila makanan ini kerap jadi menu favorit di rumahmakan dan restoran. Masakannya pun beragam karena bisa dijadikan gurame asam manis, gurami bakar, pepes, kuah kuning, dan lain-lain.

Karena kepopulerannya itulah harganya pun tidak murah, masak sendiri bisa jadi solusi agar kitab isa lebih ngirit terkait anggaran.

Namun Kembali lagi, banyak sekali orang yang kebingungan dalam mengolahnya karena masalah bau lumpur yang kerap menempel pada dirinya.

Dari yang awal mulanya selera, jadi enggan makan ikan gurame sebab berbau tanah. Sementara itu bila di restoran, bau lumpur sama sekali tidak muncul. Kok bisa ya? Nyatanya rahasianya ada dari metode membersihkan ikan gurame lho.

Penyebab Ikan Gurame Berbau Lumpur

Banyak yang penasaran mengapa ikan gurame sering berbau lumpur. Perihal ini sebab habitat ikan gurame terletak di air tawar sehingga banyak dipelihara di kolam tanah yang memiliki lumpur.

Sebenarnya lumpur bermanfaat supaya ikan gurame terlindungi dari cahaya matahari langsung. Namun, konsekuensinya lumpur inilah yang masuk ke insang serta kemudian menempel dan membuat seluruh daging ikan gurame berbau.

Sebenarnya tak hanya ikan gurami saja yang memiliki bau lumpur, karena hamper semua ikan air tawar juga mengalami hal yang serupa.

Yang bikin heran ya di restoran, kenapa sih olahan ikan guramenya sama sekali tidak berbau?

Sementara itu saat memasak di rumah, bau lumpur pada ikan gurame bakal muncul sehingga membuat kita jadi tidak selera makan. Nyatanya rahasianya terdapat dari metode membersihkannya, lho!

Cara Bersihkan Ikan Gurame Agar Tidak Bau Lumpur Secara Sederhana

Bila Kalian kerap melihat, restoran umumnya sediakan ikan gurame dalam keadaan hidup di dalam akuarium. Nyatanya ini bukan hanya buat pajangan belaka lho.

Tata cara ini dilakukan buat menghilangkan bau lumpur yang melekat pada si ikan. Faktanya,  air bersih yang dipakai dalam akuarium berperan menetralisir bau lumpur pada ikan gurame.

Walhasil ikan gurame yang dimasak di restoran tidak bakal berbau apapun. Pelanggan juga bakal bisa menikmati ikan gurame tanpa terhalang bau.

Metode ini dapat Kalian coba di rumah pula kok. Cobalah buat membeli ikan gurame dalam kondisi hidup. Setelah itu letakkan ikan ke dalam wadah air bersih selama satu hari semalam.

Perihal ini buat mengatasi dan membersihkan seluruh kotoran, termasuk bau lumpur pada badan ikan gurame

Lalu paginya, Kalian bisa segera memotong serta mengolah ikan gurame sesuai dengan keingininan. Dipastikan bau lumpur telah pergi dan bakal seperti olahan di restoran. Gampang bukan?

Cara Mengatasi Bau Lumpur Pada Ikan Gurame Dengan Bahan Sederhana

1. Garam

Faktanya garam terbukti ampuh untuk menanggulangi bau pada ikan. Kalian bisa mencobanya dengan membalurkan garam ke seluruh badan ikan. Garam tidak Cuma jadi pemberi rasa pada ikan saja loh, tetapi bisa juga mengikat bebauan pada ikan gurame.

Tidak cuma permukaannya saja, balurkan pula garam ke bagian dalam perut ikan serta diamkan sampai menyerap. Alangkah lebih baik ikan yang sudah dilumuri garam didiamkan seharian. Sehabis itu barulah mencuci ikan pada air mengalir.

Rasio garam serta ikan yang digunakan yakni 1 sendok teh: 1 kilogram buat bisa atasi bau lumpur pada ikan.

2. Buttermilk

Buttermilk alias susu mentega bisa jadi salah satu solusi untuk menanggulangi bau lumpur pada ikan yang cukup efisien.

Bau lumpur pada ikan dapat dihilangkan dengan membersihkan sisik dan melakukan perendaman ke dalam buttermilk. Diamkan ikan yang lagi direndam buttermilk ini selama 1 jam di dalam lemari pendingin.

Ikan yang direndam dalam buttermilk tidak cuma semata-mata bisa menyingkirkan bau lumpur saja, tetapi pula bisa menaikkan rasa gurih sehingga ikan bakalan jauh lebih nikmat untuk disantap.

3. Cuka

Langkah selanjutnya sehabis melakukan pembersihan sisik serta jeroan, mulailah lumuri cuka ke seluruh permukaan ikan.

Cuka ini jadi salah satu solusi menanggulangi bau lumpur pada ikan. Ini sebab cuka merupakan antibakteri alami yang juga bisa mengikat bau ikan dan aman untuk tubuh kita.

Triknya, tuangkan 1 sendok makan cuka serta gabungkan dengan sedikit air. Tuangkan cuka tadi ke seluruh tubuh ikan. Diamkan kurang lebih sekitar 30 menit kemudian cuci dalam air mengalir sampai bau menghilang. 

4. Rempah-rempah

Solusi terahir untuk menanggulangi bau lumpur pada ikan air gurame yakni dengan mengasih bumbu rempah ke seluruh permukaan sampai bagian jeroan ikan.

Pertama-tama, pasti bilas ikan terlebih dulu. Berikutnya, sayat-sayat badan ikan serta oleskan bumbu rempah yang telah dihaluskan ke semua bagian ikan sampai menyeluruh. Diamkan paling tidak selama 30 menit sebelum digoreng.

Berikut beberapa refrensi bumbu rempah-rempah yang mampu jadi penghilang bau lumpur pada ikan yaitu; serai, jahe, daun jeruk, bawang putih, kunyit. Tidak lupa haluskan seluruhnya sampai jadi bumbu halus.

Jadi setelah mengetahui cara bersihkan ikan gurame agar tidak bau lumpur, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!