Bagikan:

YOGYAKARTA – Ikan tawar adalah jenis ikan yang hidup di air tawar seperti kolam, sungai, danau dengan salinitas air kurang dari 0,05 persen. Di Indonesia, kepopuleran ikan air tawar tidak kalah dengan ikan laut. Hal ini karena ikan air tawar juga mengandung protein dalam jumlah yang tinggi. Lantas, apa saja jenis ikan tawar tinggi protein yang ada di Tanah Air? Simak informasinya berikut ini.

Jenis Ikan Tawar Tinggi Protein

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 1 Oktober 2023, berikut jenis ikan tawar tinggi protein yang perlu Anda ketahui.

  1. Ikan gurame

Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang cukup populer di Indonesia. Ikan ini kerap dijadikan sebagai menu utama di restoran-restoran masakan Nusantara.

Ikan gurame disukai banyak orang karena dagingnya tebal serta rasanya lezat ketika diolah jadi ragam masakan. Selain itu, ikan gurame juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.  

Dalam 100 graam ikan gurame, terkandung 18 gram protein, 127 kalori, dan 5,6 gram lemak. Ikan gurame juga mengandung kalsium, kalium, zat besi, magnesium, dan fosfor, serta vitamin A, B6, B12, vitamin C, dan vitamin D3.

  1. Ikan lele

Ikan lele termasuk jenis ikan tawar tinggi protein. Ikan lele mempunyai tubuh yang panjang dengan warna hitam atau abu-abu dan tidak memiliki sisik.

Ikan lele digemari karena dapat membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang. Selain itu ikan lele juga rendah kalori asalkan cara mengolahnya bukan dengan digoreng.

Mengutip Healthline, dalam 100 gram ikan lele mengandung 18 gram protein, 105 kalori, dan 2.9 gram lemak.

Tak cukup sampai disitu, ikan lele juga kaya akan vitamin B12, selenium, thiamine, potassium, dan asam lemak omega 3.

  1. Ikan nila

Ikan nila atau tilapia adalah ikan air tawar yang memiliki bentuk tubuh pipih memanjang dan bersisik kasar.

Ikan ini jadi primadona di kalangan masyarakat karena memiliki rasa yang manis, ringan, dan teksturnya yang bersisik. Ikan nila bisa dinikmati dengan cara dibakar, digoreng, atau dipepes.

Menurut WebMD, ikan nila mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti kolin, niacin, vitamin B12, vitamin D, selenium, dan omega 3. Oleh sebab itu, tak heran jika ikan nila dianggap sebagai salah satu sumber protein paling sehat.

  1. Ikan patin

Menyadur laman resmi Dinas Kesehatan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng, ikan patin merupakan ikan air tawar berbadan panjang, berwarna putih perak dengan punggung berwarna kebiruan.

Ikan patin berasal dari Thailand. Kendati demikian, penyebaran ikan patin sudah sangat luas di Indonesia.

Di dalam ikan patin terkandung banyak nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti kalori, lemak, protein, natrium, vitamin B12, selenium, fosfor, dan tiamin.

  1. Ikan mujair

Mengutip Healthline, ikan mujair termasuk ke dalam makanan tinggi protein dengan beberapa vitamin dan mineral, seperti selenium, vitamin B12, niasin dan kalium.

Selain itu, ikan mujair juga kaya akan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang bermanfaat bagi kesehatan.

  1. Ikan gabus

Ikan tawar tinggi protein yang terakhir adalah ikan gabus. Ikan jenis ini sangat identic dengan hidangan nusantara.

Dalam ikan gabus terkandung protein dalam jumlah yang tinggi, terutama albumin dan asam amino, serta kandungan asam lemak esensial.

Selain itu, ikan gabus juga kaya akan vitamin dan mineral khususnya zinc yang dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Demikian informasi tentang jenis ikan tawar tinggi protein yang ada di Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.