Efek Samping Overnight Oat yang Membahayakan Kesehatan, Hindari Konsumsi Berlebihan
efek samping overnight oat (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Overnight oat sering dijadikan sebagai menu sarapan bagi orang-orang yang menjalani pola hidup sehat. Makanan ini banyak dipilih untuk program diet atau yang ingin menurunkan berat badan. Meski kaya akan nutrisi, ada efek samping overnight oat jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Overnight oat merupakan makanan yang terbuat dari oat yang dicampurkan cairan susu atau buah-buahan, kemudian didiamkan di kulkas selama semalam. Berdasarkan penelitian dari Journal of Nutrition and Metabolism, oat mengandung beta-glucan yang berperan menurunkan kadar kolesterol sekitar 5-10 persen. Selain itu, dalam oat juga terdapat serat larut yang baik untuk pencernaan. 

Makanan ini banyak dipilih sebagai alternatif menu sarapan praktis dan menyehatkan. Namun di balik itu, Anda juga perlu tahu efek samping overnight oat jika mengonsumsi berlebihan. 

Efek Samping Overnight Oat

Sama seperti makanan lainnya, mengonsumsi overnight oat terlalu banyak juga dapat menyebabkan efek samping. Berikut ini dampak buruk yang mengintai jika terlalu berlebihan makan overnight oat atau penyajian yang tidak tepat.

Malnutrisi dan Pelepasan Massa Otot

Walaupun overnight oat dapat berkontribusi pada penurunan berat badan, mengonsumsinya secara berlebihan justru bisa mengakibatkan masalah pada gizi dan otot. Dampak buruk yang bisa ditimbulkan yakni malnutrisi dan kehilangan massa otot. 

Kandungan serat yang tinggi dalam oatmeal membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Kondisi ini pada gilirannya dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk memberikan sinyal kebutuhan makan selama hari. Bahkan konsumsi overnight oat berlebihan dapat memengaruhi fungsi kognitif dan menurunkan tingkat kewaspadaan.

Asupan Gula Meningkat

Banyak orang membuat overnight oat dengan campuran gula atau tambahan manis lainnya, seperti cokelat dan susu. Namun cara penyajian ini sebenarnya dapat merusak kualitas nutrisi keseluruhan dalam overnight oat, karena adanya penambahan kalori, gula, karbohidrat, dan lemak ekstra.

Mengakibatkan Kembung

Tingginya kandungan serat dalam overnight oat dapat memperlambat proses pencernaan. Kondisi ini bisa membuat Anda merasa kembung. Jika Anda sudah memiliki masalah perut, disarankan untuk mengurangi konsumsi overnight oat. Kandungan glukosa, pati, dan serat dalam overnight oat bisa menyebabkan produksi gas serta kembung.

Menggagalkan Program Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi overnight oat dalam porsi besar setiap hari sebenarnya dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Apalagi jika Anda menyajikan makanan ini dengan beragam campuran bahan tinggi kalori dan gula. Alih-alih membantu menurunkan berat badan, bobot Anda justru bisa meningkat. Jadi disarankan untuk memilih topping yang sederhana dan sehat, seperti kacang atau biji-bijian.

Asupan Nutrisi Terbatas

Sarapan dengan overnight oat memang terbukti dapat memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk memulai hari. Selain itu, makanan ini juga mengandung serat larut yang bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Hal ini akan membuat Anda tidak mudah lapar dan bisa mengurangi nafsu makan biasanya. 

Tetapi mengonsumsinya terlalu sering atau berlebihan mungkin akan mengurangi keinginan Anda makan asupan lainnya. Padahal Anda perlu menerima variasi makanan agar mendapatkan lebih beragam nutrisi. Anda memerlukan makanan lain untuk menjaga keseimbangan nutrisi yang optimal.

Demikianlah beberapa efek samping overnight oat jika dikonsumsi secara berlebihan. Makanan ini banyak digemari karena pembuatannya yang praktis dan juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Tapi pastikan Anda mengonsumsi overnight oat dalam batas wajar dan tetap memperhatikan kebutuhan asupan lainnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.