Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa seseorang bisa kekurangan hemoglobin karena berbagai sebab. Kondisi tersebut dapat memicu masalah kesehatan tubuh. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan untuk meningkatkan hemoglobin.

Makanan Untuk Meningkatkan Hemoglobin

Dikutip dari AI Care, hemoglobin (Hb) adalah protein yang ada dalam sel darah merah. Fungsi hemoglobin untuk mendistribusikan oksigen dari paru-paru ke semua bagian tubuh. Pentingnya hemoglobin membaut keberadaan protein ini cukup penting. Jika tidak terpenuhi maka memicu masalah termasuk masalah pada jantung.

Meningkatkan kadar hemoglobin memang bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Lalu apa saja jenis makanan yang membantu menambah hemoglobin di tubuh?

  1. Daging dan Jeroan Sapi

Anda bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh dengan mengonsumsi daging dan jeroan sapi. Di setiap 100 gram daging sapi giling memiliki 2,7 mg zat besi yang dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Selain itu makanan ini mengandung asam folat yang terlibat dalam produksi hemoglobin di tubuh.

Sedangkan jeroan sapi seperti jantung, ginjal, hati, bahkan otak sapi juga jadi sumber makanan penting untuk menambah Hb dalam darah. Di 100 gram hati sapi mengandung zat besi sebesar 6,5 mg. Meski demikian, jangan terlalu banyak mengonsumsi jeroan sapi. Anda bisa memakan jeroan hanya beberapa kali seminggu.

Untuk daging sapi, dalam situs University of New Mexico Hospital dikatakan bahwa masyarakat dianjurkan makan seporsi kecil per hari.

  1. Daging Ayam

Selain daging sapi, Anda bisa menambah kadar Hb dalam darah dengan daging ayam, khususnya paha atau dada. Daging ayam diketahui mengandung zat besi. Anda bisa mengonsumsi daging ayam setiap hari dengan porsi yang terukur. Selain itu pengolahan daging ayam juga harus matang.

  1. Telur Ayam

Telur ayam juga dapat membantu memproduksi sel darah merah sehingga membantu mencegah anemia. Telur ayam mengandung berbagai vitamin termasuk A serta protein.

  1. Seafood

Seafood khususnya kerang, udang, dan ikan tuna juga mengandung zat besi untuk menambah Hb darah. Setiap satu porsi kerang mengandung zat besi sebanyak 3 mg. Sedangkan pada 85 gram tuna mengandung 1,4 mg zat besi. Meski demikian Anda juga tetap harus mengonsumsi seafood dalam jumlah yang wajar.

  1. Tahu

Tidak hanya makanan hewani, Anda bisa meningkatkan kadar Hb dalam darah dengan makanan nabati terutama tahu. Di 100 gram tahu mengandung sebanyak 2,66 mg zat besi. Selain itu terdapat pula zat lain seperti mineral, selenium, kalsium, dan magnesium.

  1. Sayur dan Buah

Vitamin C yang terkandung dalam sayur dan buah membantu penyerapan zat besi secara maksimal. Selain itu vitamin C juga membantu menambah zat besi yang dapat digunakan untuk meningkatkan Hb dalam darah. Beberapa sayur yang mampu menambah Hb dalam darah seperti bayam, brokoli, wortel, tomat, paprika, bahkan cabai.

Itulah informasi terkait makanan untuk meningkatkan hemoglobin. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.