Bagikan:

JAKARTA - Pecinta film tentu sangat menantikan Jakarta World Cinema Week (JWCW) kembali digelar pada 11-19 November 2023 di CGV Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Karena festival film internasional ini akan menghadirkan 90 film dari 54 negara.

JWCW 2023 akan dibuka oleh film Inshallah a Boy (Yordania) yang ditulis dan disutradarai oleh Amjad Al-Rasheed, dan ditutup oleh film Shayda (Australia) yang disutradarai oleh Noora Niasari. Selain itu, beberapa film yang telah meraih penghargaan di festival film internasional juga akan ditayangkan, seperti Monster (Jepang) karya Hirokazu Kore-eda, pemenang Palme d'Or di Cannes Film Festival 2022, dan Anatomy of a Fall (Prancis) karya Catherine Corsini, pemenang Grand Prix di Cannes Film Festival 2023.

Shandy Gasela selaku Director JWCW, mengungkapkan film-film yang hadir di KlikFilm telah melewati kurasi yang ketat. ”Film-film yang hadir di KlikFilm, telah dikurasi oleh tim. Film-film yang hadir pastinya film berkualitas yang sudah hadir di festival film internasional sebelum di JWCW,” ujarnya.

Selain film-film diatas, berikut ini synopsis deretan film-film yang bisa disaksikan melalui platform digital KlikFilm dalam ajang festival JWCW.

Substraction

Film yang tayang perdana di Tiff (Toronto Internasional Film Festival) 2023 ini, bercerita tentang Farzaneh (Taraneh Alidoosti) adalah seorang instruktur mengemudi muda yang tinggal bersama suaminya Jalal (Navid Mohammadzadeh). Suatu hari dia melihat suaminya masuk ke rumah seorang wanita tak dikenal. Ketika dia menemui Jalal, dia mengaku dia tidak ada di kota saat itu. Kemudian Jalal memutuskan untuk memeriksa sendiri rumahnya. Ketika Jalal tiba di sana, dia bertemu dengan seorang wanita bernama Bita yang mirip dengan Farzaneh. Tertegun, keduanya membandingkan foto pasangannya, suami Bita, Mohsen, pun terlihat identik dengan Jalal.

The Young Imam

Memiliki judul asli Le Jeune Imam, film ini menceritakan tentang sosok Ali, remaja berusia 14 tahun. Untuk memberinya pendidikan yang layak, ibu tunggalnya mengirimnya ke sebuah madrasah di Mali. Ketika Ali kembali sepuluh tahun kemudian, dia telah berubah total. Dia telah menerima pendidikan agama yang saleh dan pengetahuannya yang mendalam tentang Islam menjadikannya kandidat yang tepat untuk menjadi Imam lokal di kotanya, meskipun usianya masih muda dan keraguan dari ibunya. Pandangan modern dan karismanya dengan cepat membuatnya populer di kalangan komunitas Muslim, hingga keinginannya untuk berbuat baik memenuhi ambisi barunya.

The Maiden

Ini adalah sebuah film drama Kanada tahun 2022, yang ditulis dan disutradarai oleh Graham Foy. Dibintangi oleh Marcel T. Jiménez sebagai Colton, seorang remaja yang sedang mengatasi kesedihannya setelah kematian temannya Kyle (Jackson Sluiter) dalam sebuah kecelakaan, dan Hayley Ness sebagai Whitney, teman sekelas mereka yang jurnalnya ditemukan Colton di jurang tempat Kyle meninggal. Film The Maiden tayang perdana di program Giornate degli Autori di Festival Film Internasional Venesia 2022, pada tanggal 1 September 2022, dan penayangan perdananya di di Festival Film Internasional Toronto 2022.

White Paradise

Sebuah film thriller drama Prancis tahun 2022 yang ditulis dan disutradarai oleh Guillaume Renusson dan dibintangi oleh Denis Ménochet, Zar Amir Ebrahimi, dan Victoire Du Bois. Film ini tayang perdana di Festival Film Perancis Angoulême pada 24 Agustus 2022. Ad Vitam merilis film tersebut di bioskop di Prancis pada 4 Januari 2023. Film ini menceritakan tentang Samuel, seorang duda yang tinggal terisolasi di chaletnya di jantung pegunungan Alpen Italia. Suatu malam, Chehreh, seorang wanita muda Afghanistan yang berlindung di rumahnya, terjebak oleh salju. Dia ingin menyeberangi gunung untuk mencapai Prancis. Samuel tidak ingin mendapat masalah tetapi menghadapi kesusahannya, dia memutuskan untuk membantunya. Selain alam, rintangan harus mereka juga harus menghadapi penduduk setempat, yang menghalangi mereka.

Burning Days

Emre, seorang jaksa muda dan berdedikasi, baru saja diangkat ke sebuah kota kecil yang dilanda krisis air dan skandal politik. Setelah sambutan awal, ia mengalami semakin banyak interaksi yang menegangkan dan enggan terlibat dalam politik lokal. Ketika Emre menjalin ikatan dengan pemilik surat kabar lokal, tekanan meningkat karena rumor yang memanas. Selain hadir di festival film Cannes, film ini juga berhasil mendapat penghargaan di Golden Orange Film Competion.

Youth (Spring)

Ini adalah film dokumenter tahun 2023 yang disutradarai oleh Wang Bing. Film ini produksi bersama internasional antara Tiongkok, Prancis, Luksemburg, dan Belanda. Film ini berfokus pada sekelompok pekerja tekstil muda di kota Zhili, Tiongkok. Film Youth (Spring) terpilih untuk bersaing memperebutkan Palme d'Or di Festival Film Cannes ke-76, yang tayang perdana di dunia pada 18 Mei 2023 lalu.

Upon Entry

Upon Entry adalah sebuah film drama Spanyol tahun 2022 yang disutradarai oleh Alejandro Rojas dan Juan Sebastián Vásquez dan dibintangi oleh Alberto Ammann dan Bruna Cusí bersama Ben Temple dan Laura Gómez. Yang membanggakan, film ini berhasil merraih penghargaan diajan festival film 26th Tallinn Black Nights Film Festival, 28th Kolkata International Film Festival, 26th Málaga Film Festival, dan 23rd Golden Trailer Awards.

Possesion

Possession adalah sebuah film horor drama psikologi tahun 1981 yang disutradarai oleh Andrzej Żuławski, dan ditulis oleh Żuławski dan Frederic Tuten. Film ini telah di remake beberapa Negara. Di Indonesia, rumah produksi Falcon Pictures, akan merekmake film Possesion.

Tak perlu takur, jika tak bisa menonton langsung di bioskop, ada lebih dari 50 film yang akan hadir selama pagelaran Jakarta World Cinema Week di Klik Film.