Utamakan 3M, Sandiaga Uno: Jangan Tertular dan Jangan Menulari COVID-19
Sandiaga Uno

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia dikepung COVID-19. Laju pertambahan kasus positif dari hari ke hari masih tinggi. Hal ini membuat Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia kuatir.  Sandiaga berpesan kepada para pembaca VOI agar tetap mematuhi 3M: mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. "Kesehatan keluarga dan kerabat di sekeliling kita bisa dimulai dari kepatuhan kita. Ingat, hari ini, kesehatan kita adalah kesehatan orang lain," pesannya. 

Masker berfungsi  mencegah Anda menularkan atau tertular berbagai macam penyakit, seperti flu, batuk, ISPA, dan sindrom pernapasan akut berat atau Severe Acute Respiratory Syndrome. Virus COVID-19 juga bisa ditahan laju penyebarannya jika kita aktif menggunakan masker. 

Maka itu, memakai masker mulut dapat menjadi salah satu cara terbaik agar kita tidak mudah tertular atau menularkan penyakit. Masker yang digunakan dengan benar bisa membantu mencegah virus dan bakteri menyebar melalui lendir atau cairan yang keluar saat kamu bersin atau batuk.

Virus pernafasan seperti penyakit virus corona (Coronavirus Disease atau COVID-19) menyebar ketika lendir atau tetesan yang mengandung virus masuk ke tubuh melalui mata, hidung atau tenggorokan. Mengutip Unicef, seringkali penularan virus terjadi melalui tangan. 

Tangan adalah salah satu cara umum penyebaran virus dari satu orang ke orang lain. Salah satu cara termurah, termudah dan paling penting untuk mencegah penyebaran virus adalah mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air, terlebih selama terjadi pandemi global.

Untuk menghentikan penyebaran virus corona yang terjadi saat ini, masyarakat telah diinstruksikan untuk melakukan physical distancing atau menjaga jarak antar manusia dengan cara tinggal di rumah, menghindari keramaian, dan menahan diri untuk tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain.

Karena itu 3M harus terus dilakukan meskipun saat ini vaksinasi sudah mulai dijalankan. "Jangan sampai kita tertular, jangan sampai kita menulari," tegas Sandiaga Uno