6 Budaya Jepang yang Berkembang di Indonesia
Ilustrasi budaya Jepang Kimono (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa ada banyak kebudayaan Jepang yang dilakukan oleh orang Indonesia? Bahkan budaya Jepang terus berkembang di Indonesia karena peminatnya semakin banyak. Lalu, apa saja budaya Jepang yang berkembang di Indonesia?

Budaya Jepang yang Berkembang di Indonesia

Perlu diketahui, budaya Jepang di Indonesia disebut dengan Japan Pop Culture atau J-Pop. Masyarkat Indonesia yang kerap mengikuti budaya dan trend dari Jepang kebanyakan dari kalangan anak muda. Berikut ini beberapa budaya Jepang yang banyak dilakukan masyarakat di Indonesia.

  1. J-Pop

Budaya populer Jepang atau J-Pop banyak diminati oleh anak muda di Indonesia. J-Pop sendiri merujuk pada produk-produk budaya populer di Jepang seperti acara televisi, anime, komik, musik, dan sebagainya. Produk tersebut memiliki penggemarnya sendiri, bahkan banyak pula yang fanatik dengan produk-produk populer budaya Jepang.

  1. Fashion

Fashion Jepang atau J-Fashion adalah sebutan untuk gaya berpakaian yang berasal dari Jepang lalu diadaptasi di Indonesia. Saat ini J-Fashion banyak disebut dengan cosplay. Dalam artikel yang berjudul Budaya Populer Jepang di Indonesia : Catatan Studi Fenomenologis Tentang Konsep Diri Anggota Cosplay Party Bandung yang diterbitkan dalam Jurnal ASPIKOM dikatakan bahwa awal mula cosplay muncul tahun 2004. Kemunculan cosplay pertama kali di Jakarta dan menyebar ke berbagai kota besar lain di Indonesia. Inspirasi cosplay sendiri berasal dari beragam sumber, salah satunya adalah dari gaya berpakaian tokoh kartun anime.

Contoh fashion dari Jepang yang banyak digemari oleh orang Indonesia adalah Harajuku fashion, yakni gaya busana yang berasal dari daerah Harajuku di Tokyo.

  1. Musik

Produk musik dari Jepang memiliki penggemar sendiri. Biasanya aliran musik dari Jepang memiliki ritme yang membangkitkan semangat dan ceria. Bahkan saat ini ada grup musik yang menyerupai grup musik di Jepang, sebut saja JKT48.

  1. Kuliner

Kuliner Jepang ternyata banyak diminati pula oleh orang Indonesia, salah satunya adalah sushi yang merupakan makanan khas Jepang. Makanan ini biasanya berupa nasi yang dikombinasikan dengan makanan laut, daging, atau sayur, baik yang masih mentah maupun sudah dimasak. Di Indonesia, sushi sangat digemari, terbukti dengan semakin banyaknya restoran Jepang yang menjual sushi.

Selain itu ada pula ramen yang berupa mi kuah dengan berbagai toping seperti rumput laut hingga telur rebus.

Selain makanan ada pula minuman Jepang yang kini banyak digemari, salah satunya adalah matcha atau teh hijau (green tea). Keberadaan teh hijau di Jepang tak lepas dari budaya minum teh yang terkenal di Jepang. Kini banyak produk minuman dengan rasa matcha.

  1. Origami

Origami adalah seni melipat kertas yang asalnya dari Jepang. Kebudayaan ini banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Origami dilakukan dengan cara melipat kertas hingga menyerupai bentuk hewan. Di Indonesia, origami juga digunakan untuk melatih kreatifitas anak lewat kertas.

  1. Bela Diri

Bela diri termasuk dalam produk kebudayaan. Jepang pun memiliki bela diri khas yang populer di Indonesia bahkan dipelajari oleh masyarakat. Beberapa bela diri Jepang yang banyak dipelajari oleh orang Indonesia adalah judo dan karate.

Itulah informasi terkait budaya Jepang yang berkembang di Indonesia. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.