Bagikan:

YOGYAKARTA - Menjaga kebersihan layar televisi merupakan suatu keharusan. Pasalnya, jika tidak dibersihkan, debu dan kotoran yang menempel pada layar TV bisa mengganggu tampilan atau dapat masuk ke sela-sela speaker sehingga mengganggu kejernihan suara. Lantas, bagaimana cara membersihkan layar TV yang benar?

Cara Membersihkan Layar TV yang Benar

Sebagai informasi, saat ini teknologi layar televisi mengalami perkembangkan yang sangat pesat. Di pasaran, banyak ditemukan jenis layar TV, mulai dari plasma, LED, maupun OLED, yang bisa menampilkan kecerahan warna dan detail tampilan yang tajam.

Kendati teknologinya sudah semakin maju, tidak semua layar TV bisa dibersihkan dengan cara atau bahan pembersih yang sama.

"Membersihkan TV jadul mirip dengan membersihkan jendela. TV modern membutuhkan perawatan lebih," tutur Jessica Ek, ahli kebersihan di American Cleaning Institute, menyadur Reader's Digest.

Berikut cara membersihkan TV layar LED di rumah

  1. Gunakan kain microfiber

Gunakan kain microfiber sebagai lap saat membersihkan layar TV. Hal ini untuk menjaga permukaan layar agar tidak tergores.

Mengutip laman Good Housekeeping, kain lap tradisional tidak bisa digunakan untuk membersihkan layar TV, terlebih layar TV LED. Pasalnya, layar TV LED memiliki lapisan anti silau dan bisa cepat rusak apabila menggunakan kain yang bertekstur kasar.

Selain itu, Anda juga tidak diperkenankan menggunakan kertas makan, tisu, atau bahan lain yang mengandung serat karena dapat merusak layar. 

  1. Usap satu arah

Membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada layar TV berbeda dengan mengelap kaca atau jendela. Anda harus mengusap layar terlebih dahulu dalam satu arah, misal vertical atau horizontal.

Berikutnya, usap lagi untuk kedua kali dengan arah berlawanan. Balik kain sesering mungkin karena debu bisa menumpuk di salah satu sisi kain.

  1. Bersihkan sudut dan sisi layar

Sudut dan sisi layar TV merupakan bagian yang sulit dibersihkan. Kendati demikian, bagian ini harus tetap dibersihkan.

Anda harus sering-sering membalik kain saat membersihkan sudut dan sisi layar TV. Sebaiknya juga, kamu selalu menggunakan sisi kain yang bersih saat pembersihan berulang.

  1. Jangan menekan layar

Ketika membersihkan layar televisi, Anda tidak boleh memberikan banyak tekanan. Sebab, hal ini dapat merusak piksel layar LED atau TV plasma.

  1. Semprotkan produk pembersih pada kain microfiber

Ketika membersihkan televisi, jangan semprotkan produk pembersih pada layar secara langsung. Tekanan dari semprotan bisa merusak bagian dalam layar.

Siapkan kain microfiber yang bersih dan kering, semprotkan produk pada kain, lalu usapkan pada layar.

Perlu diingat, jangan menggunakan kain yang sudah digunakan sebelumnya sebab Anda sama saja mentransfer kotoran dari benda lain ke layar.

Demikian informasi tentang cara membersihkan layar TV yang benar. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.