Bagikan:

YOGYAKARTA - Setelah matahari terbit di pagi hari merupakan start atau awalan untuk memulai aktivitas. Kinerja maupun mood selama menjalani hari pun sangat dipengaruhi oleh bagaimana Anda Anda memulai hari. Oleh karena itu, Anda perlu menjalani rutinitas pagi yang produktif agar lebih bersemangat dan happy. 

Apa yang Anda lakukan di pagi hari biasanya akan mempengaruhi semangat dan produktivitas selama seharian. Jangan sampai Anda mengawali hari dengan buruk karena bisa mengganggu kinerja dan suasana hati Anda baik di kantor, di rumah, di sekolah, maupun ketika bertemu dengan teman-teman.

Untuk menyongsong hari-hari dengan positive vibes, Anda perlu melakukan beberapa rutinitas pagi yang produktif dan menjadikannya sebagai kebiasaan. 

Rutinitas Pagi yang Produktif 

Bisa dikatakan semua orang sukses memiliki kebiasaan yang sama dalam mengawali hari. Setelah bangun tidur di pagi hari, mereka akan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan produktif. 

Berikut ini sejumlah rutinitas pagi yang produktif dan perlu Anda terapkan:

Merapikan Tempat Tidur dan Beres-Beres

Setelah bangun di pagi hari, sebaiknya Anda segera merapikan tempat tidur. Meskipun kegiatan ini dapat diselesaikan dengan cepat, banyak orang yang enggan melakukannya terlebih dahulu. Merapikan tempat tidur akan mengaktifkan tubuh Anda untuk bergerak, sekaligus menyiapkan kenyamanan untuk nanti beristirahat lagi. 

Tak hanya menata selimut dan bantal, pagi hari juga waktu yang tepat untuk membereskan kamar sebentar. Hal sederhana yang bisa Anda lakukan yakni menyapu, mengelap jendela, membawa pakaian kotor ke tempat pencucian. Dengan begitu ketika kembali ke rumah, Anda akan memiliki ruang kamar yang teratur dan siap digunakan untuk istirahat.

Berolahraga

Pagi hari juga menjadi momen tepat untuk melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga. Olahraga terbukti memiliki efek positif tidak hanya pada kesehatan tubuh namun juga kesehatan mental. Olahraga dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan. 

Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati, sehingga turut mempengaruhi produktivitas. Olahraga tak harus berat, misalnya dengan peregangan ringan yang mampu menstimulasi sendi dan memperlancar sirkulasi darah. Sebaiknya olahraga dilakukan di luar ruangan agar terpapar langsung oleh sinar matahari.

Anda bisa menjalani olahraga ringan dan dalam waktu singkat, seperti melakukan peregangan selama 5-10 menit. Beberapa kegiatan yang bisa Anda pilih seperti seperti yoga, jogging, hingga angkat beban secara ringan. 

Evaluasi dan Membuat Rencana Kegiatan

Beberapa tokoh terkenal mengawali pagi dengan menulis jurnal. Rutinitas ini dapat membantu Anda dalam mengingat tugas-tugas yang harus dijalankan selama sehari kedepan. Pagi juga menjadi waktu yang tepat untuk mengevaluasi diri. 

Anda dapat merenungkan dan melakukan evaluasi mengenai pencapaian di hari sebelumnya dan mempersiapkan pikiran untuk mencapai tujuan hari ini maupun kedepannya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan rutinitas keuangan seperti mencatat pengeluaran, menyusun anggaran belanja, dan lainnya. 

Sarapan

Tak lupa sarapan menjadi aktivitas penting di pagi hari yang nggak boleh dilewatkan. Sarapan yang cukup akan memberikan energi dan meningkatkan produktivitas dalam menjalani hari. Pilih makanan sehat seperti buah-buahan, makanan ringan bergizi, telur, atau roti gandum.

Dalam menyiapkan sarapan, Anda juga bisa membuat menu makanan sesuai kreasi pilihan Anda. Misalnya membuat smoothie dengan campuran buah beri dan bahan lain seperti yogurt, susu, dan biji-bijian. Bangunlah kebiasaan untuk sarapan secara tepat waktu dengan menu-menu sehat yang bervariasi untuk menumbuhkan semangat.

Demikianlah beberapa rutinitas pagi yang produktif untuk membangun kebiasaan positif dalam memulai hari. Jangan lupa, aktivitas pagi yang baik juga dimulai dari pola tidur yang cukup dan teratur. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.