Kevin Spacey Dinyatakan Tak Bersalah atas Seluruh Kasus Pelecehan Seksual
Kevin Spacey (Netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Kevin Spacey dinyatakan tidak bersalah atas seluruh gugatan terkait kasus pelecehan seksual. Digelar selama empat minggu, sang aktor dinyatakan Pengadilan Southwark tidak bersalah dari tujuh kasus kekerasan seksual dan dua kasus pelecehan serius lainnya.

Melansir CNN International, Kevin Spacey terlihat berkaca-kaca setelah mendengar vonis dari pengadilan. Kemudian ia mengucapkan terima kasih kepada hakim dan 12 juri yang melakukan diskusi selama 12 jam 26 menit.

“Saya membayangkan banyak dari kalian yang memahami apa yang saya lalui setelah apa yang terjadi hari ini,” kata Kevin Spacey pada Rabu, 26 Juli yang juga ditandai sebagai hari ulang tahunnya ke-64.

“Tapi saya ingin mengatakan saya merasa berterima kasih kepada juri karena meluangkan waktu untuk mengecek bukti dan fakta secara hati-hati, sebelum mereka memiliki keputusan,” katanya lagi.

“Saya merasa rendah hati dengan hasil persidangan ini,” tutup Spacey.

Sebelumnya, Kevin Spacey juga memenangkan hasil sidang di Amerika Serikat melawan aktor Anthony Rapp pada tahun 2022. Kini ia secara resmi tidak bersalah dari seluruh kasus pelecehan seksual di Inggris.

Kasus pertama dilaporkan terjadi pada 2004 hingga 2013 ketika Spacey menjabat sebagai direktur artistik di Old Vic Theater, British. Seorang pria melaporkan Spacey yang menyebut sang aktor melakukan hal terlarang itu di dalam moil.

Tiga kasus lainnya juga dilaporkan pria dengan jarak waktu berbeda. Kevin Spacey membantah seluruh tuduhan tersebut. Salah satu kasus yang dilaporkan seorang aktor juga melaporkan Spacey yang membius dan membuatnya tidak sadar diri hingga terbangun di kediaman aktor tersebut.

Pengacara Spacey, Patrick Gibbs sempat bertanya apakah laporan kasus ini dibuat oleh para pria tersebut agar mereka mendapat keuntungan finansial.

Kevin Spacey juga berencana kembali ke dunia akting, dimulai dengan film Peter Five Eight yang direncanakan tayang pada tahun ini.