Air Hujan Bisa Bikin Sakit Kepala, Mitos atau Fakta?
Ilustrasi Orang Hujan-hujanan (Nikita Ananjev/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Saat musim hujan, sebagian orang percaya kalau air hujan terkena kepala tanpa pelindung, akan membuat kepala jadi sakit dan pusing. Sedangkan sebagian lainnya menganggap hal ini hanyalah mitos. Kondisi rambut setengah basah sebagai pemicu sakit kepala adalah sugesti belaka. 

Padahal menurut medis air hujan memang dapat menyebabkan sakit kepala. Saat kehujanan, tubuh akan terpapar suhu dingin mendadak.

Air hujan akan membuat suhu tubuh menjadi lebih dingin terutama bagian kepala sehingga tubuh akan berusaha mengeluarkan energi agar mengurangi rasa dingin. Inilah penyebab sakit kepala saat terkena hujan. 

Selain itu, jika ditelisik lagi cuaca dingin juga dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit. Hal ini terjadi karena respon alamiah tubuh mempertahankan panas dalam tubuh. Namun, penyempitan pembuluh darah mengakibatkan aliran darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh jadi tidak lancar sehingga ini menyebabkan kepala jadi sakit. 

Perubahan suhu tubuh dari panas ke dingin secara mendadak juga bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Selain sakit kepala, penyakit lain seperti sakit tenggorokan, hidung tersumbat, dan influenza pun akan menyerang jika tubuh tiba-tiba terkena air hujan. 

Dilansir dari situs PennStates, para profesor dari Common Cold Center Cardiff University melakukan penelitian dengan mengumpulkan 180 sukarelawan selama musim hujan.

Dalam percobaan pertama, 90 sukarelawan diinstruksikan merendam kaki di semangkuk air hujan dingin selama 20 menit. Lalu, 90 orang lainnya diminta menempatkan kaki ke dalam mangkuk kosong selama 20 menit. 

Setelah beberapa hari, mereka mencatat bahwa hampir sepertiga atau 29% dari peserta yang merendam kaki di air hujan mengalami sakit dengan gejala tubuh menggigil, demam, nyeri badan, hingga flu. 

Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, ternyata air hujan mengandung banyak kuman pemicu penyakit. Kuman-kuman tersebut banyak muncul bersamaan dengan virus dan bakteri. Karena itu saat kehujanan, Anda akan merasa demam, flu, hingga mengalami sakit kepala.

Oleh sebab itu, cara menghilangkan sakit kepala setelah kena hujan yaitu keramas dengan air hangat agar terhindar dari sakit kepala.

Air hangat dapat mengatasi sakit kepala akibat hujan sebab air hangat dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran oksigen jadi lebih lancar. Air hangat pun dapat mengendurkan otot-otot tubuh yang tegang. Jadi, tubuh Anda bisa lebih nyaman, rilek, dan tidur lebih nyenyak. 

Selanjutnya, cara menghilangkan sakit kepala setelah kena hujan yaitu dengan membuat secangkir teh hangat untuk menetralkan kembali suhu tubuh. Beberapa jenis teh memang terbukti membantu meringankan nyeri di kepala, baik karena pusing, sakit kepala, atau migrain sekalipun.